Warga Isoman Dicuekin RT/RW, Begini Kata Pemkab Tangerang

Camat sebut akan tegur aparat desa setempat

Kabupaten Tangerang, IDN Times - Seorang warga di Kecamatan Teluknaga, Kabupaten Tangerang berinisial R mengaku tak diperhatikan RT/RW setempat saat melakukan isolasi mandiri (isoman) di rumahnya saat terpapar COVID-19. Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar mengatakan, pihaknya telah menganggarkan untuk bantuan masyarakat yang tengah menjalani isolasi mandiri (isoman) saat terpapar COVID-19.

"Ada (bantuan) sembako dan obat-obatan," kata Zaki saat dikonfirmasi IDN Times, Selasa (3/8/2021). 

Baca Juga: Cerita Warga Isoman Tak Diperhatikan RT/RW di Kabupaten Tangerang

1. Bupati sebut telah ditangani pihak kecamatan

Warga Isoman Dicuekin RT/RW, Begini Kata Pemkab Tangerangilustrasi pasien COVID-19 yang isoman (muhealth.org)

Zaki mengungkapkan, terkait adanya warga yang tidak mendapat bantuan sembako dan obat-obatan saat isoman di Teluknaga telah ditangani oleh pihak kecamatan.  "Sudah ditangani Camat," ujarnya. 

Ia mengatakan, warga yang sedang isoman dan belum mendapatkan bantuan dari RT/RW dapat langsung melaporkan ke 112 untuk ditangani lebih lanjut.  "Lapor ke RT/RW, jika tidak ditanggapi hubungi 112," jelasnya. 

Baca Juga: Mantan Jaksa Pinangki Ditahan di Lapas Tangerang

2. Camat sebut seharusnya ada bantuan dari aparat desa

Warga Isoman Dicuekin RT/RW, Begini Kata Pemkab TangerangBhabinkamtibmas dan Babinsa Gunsel saat memberikan makanan kepada warga laksanakan Isoman (IDN Times/Ervan)

Sementara itu, Camat Teluknaga Zamzam Manohara mengatakan, warga yang sedang isoman melapor seharusnya mendapatkan bantuan baik berupa sembako, obat-obatan, maupun disinfektanisasi dan tracing

"Nanti biar saya tegur Kepala Desanya," tutur Zamzam melalui sambungan telepon dengan IDN Times, Selasa (3/8/2021). 

Zamzam menuturkan, peran masyarakat sekitar pun juga dibutuhkan dalam hal ini. Pasalnya, yang mengetahui kondisi warga adalah tetangga terdekatnya. 

"Nanti biar saya koordinasi dengan Satgas COVID-19 Kecamatan, Koramil, dan yang lain," jelasnya. 

Baca Juga: 25 Jenazah COVID-19 Dimakamkan di TPU Kedaung Wetan Kota Tangerang 

3. Camat: bantuan sembako di Kantor Desa terkadang habis

Warga Isoman Dicuekin RT/RW, Begini Kata Pemkab Tangerangilustrasi warga yang isolasi mandiri (ANTARA FOTO/Nyoman Hendra Wibowo)

Bantuan sembako dan obat-obatan, kata Zamzam, memang terkadang habis di Kantor Desa. Sehingga, kemungkinan saat R tengah menjalani isoman bantuan tersebut sedang kebetulan tidak tersedia. 

"Kalau untuk saat ini, di Kecamatan ada, tapi memang terkadang Kantor Desa kehabisan stok sembakonya, mungkin saat itu sedang habis, ya," ungkapnya. 

Ia pun berharap, ke depannya hal tersebut tidak terjadi kembali. Pasalnya, pihak Kecamatan telah mewanti-wanti aparat desa untuk lebih memperhatikan warganya, terutama yang tengah isoman.

"Nanti kita akan adakan rapat lagi, supaya kejadian tersebut tidak lagi terulang," jelasnya.

Baca Juga: Arief: Faskes COVID-19 Kota Tangerang Terbanyak di Tangerang Raya

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya