Warga Tangsel Kini Bisa Urus Paspor di Bintaro Plaza

ULP Bintaro Plaza bisa melayani hingga 50 pemohon per hari

Tangerang, IDN Times - Kantor Imigrasi Kelas I Non TPI Tangerang kembali membuka unit pelayanan paspor (ULP). Kali ini, berlokasi di Bintaro Plaza, Kota Tangerang Selatan.

"Kebutuhan masyarakat yang meningkat memerlukan suatu terobosan yang konkret dan komprehensif," kata Sekretaris Direktorat Jenderal Imigrasi, Eko Budianto pada Selasa (28/11/2023).

Dia menilai, pembukaaan ULP Imigrasi di Bintaro Plaza itu bisa memberikan solusi dari hambatan kerja, jarak, dan waktu bagi warga. 

1. ULP Bintaro Plaza bisa melayani hingga 50 pemohon per hari

Warga Tangsel Kini Bisa Urus Paspor di Bintaro PlazaIDN Times/Maya Aulia Aprilianti

Kepala Kantor Imigrasi Tangerang, Rakha Sukma Purnama mengungkapkan, saat ini pihaknya membuka layanan untuk 50 pemohon per hari. ULP ini bisa melayani warga dari wilayah di sekitar Tangerang Selatan.

"Pembuatan paspor itu bisa dilakukan di mana saja, tak terbatas wilayah tinggal, jadi dengan dibukanya pelayanan di sini, merupakan salah satu bukti kami telah hadir memberikan pelayanan publik yang sudah kami lakukan," jelas Rakha.

2. ULP juga melayani permohonan berbagai layanan paspor

Warga Tangsel Kini Bisa Urus Paspor di Bintaro PlazaIDN Times/Maya Aulia Aprilianti

Adapun permohonan paspor yang dilayani--yaitu pembuatan paspor baru. Sementara  penggantian paspor karena hilang atau rusak, belum tersedia.

Unit Layanan Paspor di Plaza Bintaro juga memberikan layanan prioritas kategori lansia, anak dibawah 5 tahun, difabel, anak berkebutuhan khusus, ibu hamil dan ibu menyusui.

"Untuk hari ini sudah 12 pemohon yang dilayani," jelas Rakha.

3. Wali Kota Tangsel sebut ULP bisa bantu masyarakat yang ingin ke luar negeri

Warga Tangsel Kini Bisa Urus Paspor di Bintaro PlazaIDN Times/Maya Aulia Aprilianti

Sementara itu, Wali Kota Tangerang Selatan (Tangsel), Benyamin Davnie mengungkapkan, adanya ULP membantu masyarakat, khususnya yang tinggal di wilayah Bintaro untuk mengurus keperluan paspor. Pasalnya, terdapat sekitar 20 ribu kepala keluarga yang ada di wilayah Bintaro dari sektor 1-9.

"Apalagi mobilitas masyarakat Bintaro itu ke perbatasan dan keluar Indonesia sehingga membutuhkan layanan imigrasi sehingga yang tadinya mengurus paspor ke Jakarta Selatan, bisa ke Bintaro Plaza," tutur Benyamin.

Baca Juga: Tersangka Penipuan Rekrutmen ASN Tangsel Bertambah

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya