7.800 Pasien COVID-19 di Kota Tangerang Isolasi Mandiri di Rumah

Warga bantu warga, bangun dapur umum

Kota Tangerang, IDN Times - Ribuan warga Kota Tangerang yang berstatus sebagai pasien COVID-19 melaksanakan isolasi mandiri (isoman) di rumah masing-masing.

"Masyarakat Kota Tangerang yang melakukan isoman terdata kurang lebih sebanyak 7.800 orang," kata Arief RWismansyah, Selasa (13/7/2021).

Baca Juga: Pemkot Tangerang Gelar Isi Ulang Oksigen Gratis, Ini Cara Daftarnya

1. Untuk pemenuhan kebutuhan warga isoman, Arief sudah lapor Pemprov Banten

7.800 Pasien COVID-19 di Kota Tangerang Isolasi Mandiri di RumahIDN Times/khaerul anwar

Arief mengaku sudah melaporkan data mengenai jumlah warga yang isoman itu ke Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten. Tujuannya, agar Pemprov Banten membantu memenuhi kebutuhan untuk pasien COVID-19 yang isoman, seperti oksigen dan obat-obatan.

"Untuk itu, saya harap kepada masyarakat untuk bisa mendukung PPKM Darurat ini. Kurangi mobilitas keluar rumah, informasinya kalau mobilitas warga masih di bawah 50 persen PPKM Darurat ini akan diperpanjang," kata dia.

Baca Juga: Darurat Oksigen di Sejumlah Zona Merah COVID-19

2. Masyarakat swadaya bangun dapur umum

7.800 Pasien COVID-19 di Kota Tangerang Isolasi Mandiri di RumahIlustrasi seorang pasien COVID-19. (ANTARA FOTO/REUTERS/Marko Djurica)

Arief mengatakan di tengah pandemik COVID-19 yang masih melanda, masyarakat banyak yang membuat dapur umum di tingkat RT dan RW sebagai bentuk solidaritas untuk yang melakukan isoman.

"Sudah mulai beberapa hari juga, di kantor Kecamatan Pinang membuka dapur umum untuk membantu warga yang sedang melakukan isoman, per hari bisa mendistribusikan 500 sampai 700 bungkus makanan," kata Arief.

3. Pasien COVID-19 yang isoman diminta jujur dan melapor ke puskesmas

7.800 Pasien COVID-19 di Kota Tangerang Isolasi Mandiri di RumahIlustrasi perawat yang kelelahan setelah memberikan pelayanan kepada positif COVID-19 (IDN Times/Ervan)

Sebelumnya, Kepala Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Poris Plawad, Cipondoh, Kota Tangerang, Wien Agung Firdiansyah menyebut, masih banyak pasien COVID-19 yang melakukan isolasi mandiri (isoman) tanpa melapor ke puskesmas.

Agung menyebut, sebab itulah banyak kasus kematian pasien saat isoman tak terpantau.

Agung mengatakan di puskesmas tempat dia bekerja, belum menerima laporan mengenai warga meninggal saat isoman. Sebab, ketika warga isoman mengalami perburukan kondisi kesehatannya, mereka akan segera merujuknya ke rumah sakit.

Baca Juga: Pasien COVID-19 yang Isoman Diminta Jujur dan Melapor ke Puskesmas 

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya