Arief R Wismansyah Kandidat Kuat Pilgub Banten 2024

Arief dinilai berpengalaman sebagai pemimpin di Banten

Kota Tangerang, IDN Times - Arief R Wismansyah tidak asing lagi bagi warga di Provinsi Banten, apalagi di wilayah Tangerang. Kepemimpinannya di Kota Tangerang ini telah dikenal luas publik.

Arief R Wismansyah mulai duduk di kursi eksekutif sebagai Wakil Wali Kota Tangerang di saat berusia 31 tahun. Persisnya pada 2008, di kala mendampingi Wali Kota Tangerang saat itu, Wahidin Halim.

Lima tahun menjadi Wakil Wali Kota Tangerang, Arief dipercaya masyarakat menjadi Wali Kota Tangerang periode pertama 2013, kemudian dilanjutkan periode kedua pada 2018, hingga berakhir di 2024.

Arief kini tengah digadang sebagai kandidat yang bakal maju di Pemilihan Gubernur (pilgub) Banten.

1. Arief kandidat kuat Pilgub Banten

Arief R Wismansyah Kandidat Kuat Pilgub Banten 2024Ilustrasi alat peraga kampanye Pemilu 2024. (ANTARA FOTO/Muhammad Bagus Khoirunas)

Pengamat politik dari Kajian Politik Nasional (KPN), Adib Miftahul, menilai Arief R Wismansyah merupakan kandidat kuat Calon Gubernur Banten karena lebih berpengalaman ketimbang calon lainnya.

Menurutnya, investasi politik Arief yang mencapai 15 tahun merupakan bukti nyata kuatnya pengalaman Arief dalam memimpin daerah.

“Bayangkan Arief Wismansyah mempunyai jejaring selama 15 tahun, investasi politik ini jarang orang yang punya. Ini modal dia yang luar biasa,” kata Adib, Sabtu (20/4/2024).

Adib menyebut, peluang bagi Arief untuk maju pada kontestasi Pilgub Banten tahun ini sangat terbuka lebar.

2. Tokoh agama turut mendukung Arief

Arief R Wismansyah Kandidat Kuat Pilgub Banten 2024Dok. Pemkot Tangerang

Hal senada diutarakan oleh tokoh masyarakat Kota Tangerang yang merupakan Pengasuh Pondok Pesantren Assa’adah lil di Kecamatan Periuk, KH Baijuri Khotib. Ia menilai tidak ada calon gubernur lain yang memiliki kapasitas seperti Arief R Wismansyah di Banten. Karena itu, Baijuri berpendapat bahwa Banten membutuhkan pemimpin yang berani dan berintegritas.

“Arief R Wismansyah adalah sosok yang berani, cerdas, tegas, dan memiliki kedalaman spiritual. Saya mendukung langkah maju Pak Arief (menjadi Gubernur Banten),” kata Baijuri.

3. Sejumlah nama kandidat sudah muncul

Arief R Wismansyah Kandidat Kuat Pilgub Banten 2024(IDN Times/Muhamad Iqbal)

Untuk diketahui, menjelang perhelatan Pilgub Banten 2024, beberapa nama kandidat sudah mencuat ke publik. Yaitu mantan Wali Kota Tangerang Selatan, Airin Rachmi Diany; Mantan Gubernur Banten, Rano Karno; Mantan Gubernur Banten, Wahidin Halim; Mantan Bupati Lebak, Iti Octavia Jayabaya; dan mantan Bupati Pandeglang, Dimyati Natakusumah.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya