Comscore Tracker

Bupati Pandeglang Apresiasi Kedermawanan 'Baginda Raja'

Irna: Iskandar Jamaludin Firdaus tak mengklaim jadi raja

Pandeglang, IDN Times - Bupati Pandeglang Irna Narulita mengapresiasi sikap kedermawanan 'Baginda Raja' Iskandar Jamaludin Firdaus yang banyak membantu merenovasi dan membangun rumah warga miskin di Pandeglang.

Hal tersebut seperti ditulisnya dalam postingan akun Instagram pribadinya @irnadimyati, Kamis (23/9/2021).

"Saya selaku pribadi dan atas nama Pemda mengapresiasi aksi dermawan yang dilakukannya dengan membantu membangun rumah warga yang kurang mampu," tulis Irna.

Baca Juga: Ada Raja Bangun Rumah Warga Miskin, Gubernur: Pemerintah Lebih Banyak

1. Irna pastikan Iskandar Jamaludin Firdaus tak mengklaim diri sebagai raja

Bupati Pandeglang Apresiasi Kedermawanan 'Baginda Raja'Calon Bupati Pandeglang Irna Narulita (IDN Times/Reynaldi)

Irna menjelaskam, berdasarkan kroscek yang dilakukan pihaknya kepada Kepolisian, Iskandar Jamaludin Firdaus bukanlah seorang yang mengaku raja dari Kerajaan Angling Dharma.

"Kata Kapolres, setelah menerjunkan langsung anggotanya ke kediaman Baginda dan mengklarifikasi langsung diketahui bahwa yang bersangkutan tidak mengakui sebagai seorang raja," kata Irna.

Sedangkan, lanjutnya, terkait ornamen dan pernak-pernik yang menyerupai kerajaan Iskandar Jamaludin Firdaus mengaku hanya sekadar suka dengan hal-hal yang berbau kerajaan.

Baca Juga: Sosok Baginda Raja Pemimpin Angling Dharma Muncul di Pandeglang

2. Ini hasil pertemuan hasil musyawarah Pemkab dan Iskandar Jamaludin Firdaus

Bupati Pandeglang Apresiasi Kedermawanan 'Baginda Raja'Dok. Padepokan Angling Dharma

Dalam postingannya itu, dijelaskan, hasil musyawarah camat dan jajaran beserta dengan juru bicara Iskandar Jamaludin Firdaus menyampaikan bahwa:

1. Bahwa Angling Dharma itu bukan sebuah kerajaan dan baginda tidak menobatkan diri sebagai raja, adapun singgasana, pernak pernik, dan akessorisnya merupakan siloka.

2. Bahwa kegiatan/aktifitas di Angling Dharma tidak bertentangan dengan ajaran agama maupun pemerintah.

3. Bahwa selama beliau selalu membantu masyarakat yang kurang mampu baik itu santunan maupun bedah rumah yang sudah dilaksanakan kurang lebih 30 rumah yang tersebar di 3 kecamatan yaitu Mandalawangi, Menes, Pagelaran.

4. Bahwa khususnya masyarakat desa pandat umumnya masyarakat di Wilayah Kecamatan Mandalawangi tidak adanya konflik terkait keberadaan Angling Dharma dan aktifitasnya.

Baca Juga: Bisnis Fotografi, Mahasiswa Pandeglang Raup Untung Puluhan Juta Rupiah

3. Sosok 'Baginda Raja' muncul di Pandeglang

Bupati Pandeglang Apresiasi Kedermawanan 'Baginda Raja'Dok. Padepokan Angling Dharma

Sebelumnya, Sosok pria berusia 70 tahun bergelar "Baginda Raja Pimpinan Padepokan Angling Dharma" muncul di Kabupaten Pandeglang dan fotonya menjadi viral. 

Kehadiran pria bernama Sultan Iskandar Jamaluddin Firdaus itu muncul dengan narasi kedermawanannya membangun puluhan rumah warga miskin di Pandeglang.

Topic:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya