Cerita Petugas BPBD Kota Tangerang Evakuasi Fajri Pria Berbobot 300 Kg

Proses evakuasi jadi pengalaman berharga dan tak terlupakan

Kota Tangerang, IDN Times - Tak melulu mengenai aksi dalam merespons kebencanaan, petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tangerang juga mengerjakan tugas lain untuk membantu masyarakat. Salah satu yang terbaru adalah turut andil dalam proses evakuasi korban obesitas berlebihan, almarhum Fajri, belum lama ini.

Kepala UPT BPBD Kecamatan Ciledug Mulyadi menceritakan, anggota BPBD Kota Tangerang terlibat dalam proses evakuasi yang belum lama ini dilakukan.

Mulai dari evakuasi untuk pengobatan, akomodasi, sampai fasilitas untuk memudahkan proses evakuasi berjalan. Lanjutnya, selama proses evakuasi kemarin, seluruh anggota BPBD Kota Tangerang berperan secara aktif dan totalitas.

Baca Juga: Pria Obesitas di Tangerang Telah Dibawa ke RSCM Pakai Truk Damkar

1. Petugas memutar otak cari cara untuk evakuasi

Cerita Petugas BPBD Kota Tangerang Evakuasi Fajri Pria Berbobot 300 KgDok. BPBD Ciledug

Saat itu, kata Mulyadi, anggota BPBD Kota Tangerang dimintai tolong oleh warga yang ingin mengevakuasi almarhum Fajri untuk dibawa berobat ke salah satu rumah sakit agar mendapatkan pertolongan.

"Ternyata, tak terduga, sampai ke lokasi jalan ke rumah yang bersangkutan sempit dan beban tubuhnya terlalu besar, diangkat seluruh anggota juga masih kesulitan, sehingga kita harus mencari cara lain agar bisa evakuasi,” kata Mulyadi.

Baca Juga: Fajri, Penderita Obesitas Asal Tangerang Kritis

Baca Juga: Fajri, Pria Obesitas dengan Berat 300 Kg Meninggal Dunia

2. Proses evakuasi ini menjadi pengalaman berharga

Cerita Petugas BPBD Kota Tangerang Evakuasi Fajri Pria Berbobot 300 KgDok. BPBD Ciledug

Mulyadi mengatakan, proses evakuasi yang dilakukan juga menjadi pengalaman yang berharga. Anggota BPBD Kota Tangerang sampai mengerahkan alat truk pengangkut personel serta membongkar rumah yang bersangkutan untuk mensukseskan selama proses evakuasi berjalan.

“Setelah beberapa lama, akhirnya kita berinisiatif menggunakan bantuan alat angkut forklift serta membongkar beberapa bagian rumah lanjut membawanya ke RSUD Kota Tangerang. Di sinilah, cerita-cerita proses panjang evakuasi menjadi pengalaman baru yang sangat mengandung makna,” kata dia.

3. Anggota BPBD mesti siap menghadapi berbagai situasi di lapangan

Cerita Petugas BPBD Kota Tangerang Evakuasi Fajri Pria Berbobot 300 KgDok. BPBD Tangerang

Menurutnya, anggota BPBD Kota Tangerang harus selalu siap dalam memberikan pelayanan, mulai dari situasi yang rumit, seperti kebakaran, bencana, dan banjir, sampai situasi yang sederhana, seperti mengevakuasi ular di tengah pemukiman, dan sebagainya.

“Banyak cerita selama bertugas menjadi anggota BPBD Kota Tangerang. Karena menjadi anggota diharuskan untuk siap menghadapi berbagai situasi di lapangan,” kata dia.

Baca Juga: Masyarakat Tangerang Bisa Adukan PJU Mati ke Sini

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya