Harta Kekayaan Kepala Daerah di Tangerang Raya, Menurut LHKPN

Tercatat punya harta paling sedikit, apa kata Benyamin?

Tangerang Selatan, IDN Times - Setiap tahun, penyelenggara negara diwajibkan melaporkan harta kekayaan. Hal itu merujuk pada Undang-Undang nomor 28 tahun 1999 tentang Penyelenggara Negara yang bersih dan bebas korupsi, kolusi dan nepotisme.

Selain itu, ketentuan pelaporan harta kekayaan penyelenggara negara itu diatur dalam Undang-undang Nomor 30 tahun 2022 tentang Komisi Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.

Serta Peraturan KPK nomor 07 tahun 2016 tentang Tata Cara, Pendaftaran, Pengumuman, dan Pemeriksaan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara.

Penyelenggara negara yang harus menyampaikan LHKPN adalah Pejabat Negara yang menjalankan fungsi eksekutif, legislatif, atau yudikatif, dan pejabat lain yang fungsi dan tugas pokoknya berkaitan dengan penyelenggaraan negara atau pejabat publik lainnya sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Lalu, siapa kepala daerah di Tangerang Raya yang paling kaya dengan harta kekayaan yang paling banyak berdasarkan LHKPN yang dilaporkan ke KPK?

1. Bupati Zaki memiliki kekayaan Rp15 miliar lebih

Harta Kekayaan Kepala Daerah di Tangerang Raya, Menurut LHKPNIDN Times/Kevin Handoko

Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar tercatat memiliki harta kekayaan sebesar Rp15.007.050.054. Hal ini tercatat dalam LHKPN yang dia laporkan pada 13 Februari 2022/periodik 2021. 

Harta kekayaan yang dilaporkan ke KPK itu tercatat berasal dari 6 tanah dan bangunan, 2 mobil alat transportasi dan mesin, harta bergerak lainnya, serta kas dan setara kas.

Dalam LHKPN itu, Zaki juga tercatat memiliki utang sebesar Rp615.396.968.

Baca Juga: 4 Ribu Guru Sekolah Swasta di Tangsel Dapat Insentif Tahun 2023

2. Wali Kota Tangerang Arief Wismansyah memiliki harta Rp25 miliar

Harta Kekayaan Kepala Daerah di Tangerang Raya, Menurut LHKPNIlustrasi Bed. Arief R wismansyah memeriksa kesiapan Puskesmas Jurumudi baru sebagai tempat isolasi dan perawatan pasien COVID-19 (Instagram.com/ariefwismansyah)

Wali Kota Tangerang Arief Rachadiono Wismansyah memiliki harta kekayaan yang lebih banyak dari Zaki. Dalam LHKPN yang disampaikan 23 Maret 2022/periodik 2021, Arief melaporkan harta kekayaan sebesar Rp25.494.060.542.

Harta yang dilaporkan itu berasal dari sembilan tanah dan bangunan, sembilan alat transportasi dan mesin, harta bergerak, surat berharga, kas dan setara kas, dan harta lainnya. Dalam laporan tersebut, Arief tak memiliki utang.

Baca Juga: Ada SPKLU Di Tol Tangerang-Merak, Ini Lokasinya

3. Wali Kota Tangerang Selatan Benyamin memiliki kekayaan Rp2 miliar

Harta Kekayaan Kepala Daerah di Tangerang Raya, Menurut LHKPNIDN Times/Muhamad Iqbal

Sementara Wali Kota Tangerang Selatan Benyamin Davnie memiliki total kekayaan Rp2 miliar lebih.

Soal LHKPN itu, Wali Kota Tangerang Selatan Benyamin Davnie sebagai pejabat negara yang menjalankan fungsi eksekutif mengaku, sudah melaporkan harta kekayaannya hingga saat ini.

“Saya udah laporan 2022, 2023, udah ada tanda penerimaannya dari KPK,” kata Benyamin, Rabu (1/3/2023).

4. Arief terkaya, Benyamin punya harta paling kecil di Tangerang Raya

Harta Kekayaan Kepala Daerah di Tangerang Raya, Menurut LHKPNIDN Times/Muhamad Iqbal

Dari perbandingan tiga kepala daerah di Tangerang Raya itu, Arief memiliki harta terbanyak, yakni Rp25 miliar lebih.

Sementara kepala daerah dengan harta paling sedikit adalah Benyamin. Menanggapi hal ini, Benyamin mengaku sudah melaporkan semua harta kekayaan yang dimiliki.

“Ya segitu-gitunya, mau gimana atuh. Segitu-gitunya, ya begitu adanya,” kata Benyamin.

Baca Juga: Polresta Tangerang Pasang ETLE di Simpang Tigaraksa dan Balaraja

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya