Hore! Dinsos Tangsel Akan Cairkan Bansos Tunai April 2021

Banyak data ganda penerima bansos

Tangerang Selatan, IDN Times - Dinas Sosial (Dinsos) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) akan mencairkan penyaluran Bantuan Sosial Tunai (BST) sebesar Rp300 ribu bagi warga Tangsel yang terdampak COVID-19 pada bulan April 2021 ini.

Penundaan penyaluran BST sendiri sempat dilakukan Dinsos Tangsel lantaran adanya pencocokan data karena banyaknya data penerima BST juga menerima bansos lain dari Pemerintah.

Baca Juga: Mudik Dilarang, Perantau Pulang Lebih Awal dari Tangerang

1. Penyaluran BST disalurkan mulai April ini

Hore! Dinsos Tangsel Akan Cairkan Bansos Tunai April 2021Pendaftaran penerima bansos tunai di Medan. (Antara Foto)

Kepala Dinsos Tangsel, Wahyunoto Lukman menjelaskan, penyaluran BST kembali akan disalurkan di Bulan April 2021, dengan target sebelum pelaksanaan bahkan sampai saat bulan Ramadan.

"Untuk bulan Maret sama April itu memang di delay, nanti bulan April disalurkan," ucap dia ditemui Senin (12/4/2021).

2. Penyaluran BST dilakukan usai perbaikan data

Hore! Dinsos Tangsel Akan Cairkan Bansos Tunai April 2021Petugas PT Pos Indonesia menyerahkan bantuan sosial (bansos) tunai tahap pertama ke salah seorang KPM di Kota Bogor, Jawa Barat, Rabu (22/4) (Dok. Kemensos)

Menurut dia, penyaluran BST dilaksanakan setelah adanya perbaikan data, termasuk memadupadankan dengan program bantuan sektor lainnya.

"Karena banyak bantuan-bantuan dari sektor lain, bukan hanya dari bidang sosial, ada bantuan prakerja, insentif bagi karyawan di bawah gaji 5 juta, ada subsidi internet bagi guru dan peserta didik, ada subsidi listrik, ada bantuan koperasi UKM," jelasnya.

Jika semua data penerima bantuan itu bisa dipadupadankan, kata dia, tidak akan ada duplikasi lagi. Penerima bantuan lain, kata dia, tidak akan bisa mendapatkan BST dari Pemkot Tangsel. 

3. Data ganda penerima BST dihapus

Hore! Dinsos Tangsel Akan Cairkan Bansos Tunai April 2021Penyaluran bansos (Dok. Kemenko PMK)

Dalam perbaikan data ganda penerima BST itu, pihaknya banyak mengeluarkan data-data penerima ganda BST dengan program lain, jumlahnya mencapai 50 ribu penerima mendapat bantuan dari program lain yang dilakukan pemerintah.

"Kalau dari total Februari yang terakhir disalurkan masih sampai 121 ribu, sisa tinggal setengah ada sekitar 70 ribuan yang akan mendapatkan BST dari PT Pos dan bantuan sosial reguler berupa bantuan sosial pangan yang terdaftar dalam data terpadu kesejahteraan sosial (DTKS)," jelas Wahyu

Baca Juga: Dugaan Korupsi Dana Hibah Tangsel Terus Bergulir, Ini 6 Faktanya

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya