Kecewa! Benyamin Bingung Stok Minyak Goreng di Tangsel Malah Langka

Pemerintah pusat jamin stok aman, faktanya langka di pasaran

Tangerang Selatan, IDN Times - Wali Kota Tangerang Selatan (Tangsel) Benyamin Davnie menyebut, kelangkaan minyak goreng terjadi di hampir seluruh pasar tradisional maupun modern di wilayahnya. Dan, dia mengaku tak diketahui penyebabnya.

Benyamin juga mengaku bingung dari mana sumber kelangkaan komoditas tersebut bisa terjadi. Gak sampai di situ, Benyamin juga mengaku kecewa sebab sebelumnya stok minyak sudah dijamin aman oleh pemerintah pusat, namun fakta di lapangan mengatakan sebaliknya.

"Jaminannya sih ada, tapi di lapangan seperti ini (terjadi kelangkaan)," kata Benyamin, Senin (7/2/2022).

Baca Juga: Dalam Sepekan 835 Siswa dan Tenaga Pendidik Tangsel Positif COVID-19

1. Minyak langka jadi kewenangan pusat

Kecewa! Benyamin Bingung Stok Minyak Goreng di Tangsel Malah LangkaMenteri Koordinator Bidang Perekonomian sekaligus Ketua Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC-PEN), Airlangga Hartarto (dok. Youtube Kemenko Maritim dan Investasi)

Meski demikian, kata Benyamin, terkait dengan stok minyak yang langka di pasaran merupakan kewenangan dari pemerintah tingkat pusat untuk langkah antisipasinya.

"Saya gak tahu di mana ini-nya (sumber kelangkaan), di distributor atau di pabriknya? Itu kan lebih kepada kewenangan dari tingkat pusat," kata Benyamin, Senin (7/2/2022).

2. Minyak mulai sulit ditemukan, Benyamin khawatir

Kecewa! Benyamin Bingung Stok Minyak Goreng di Tangsel Malah LangkaDok. IDN Times/Eka

Dengan kondisi demikian, dia mengaku khawatir dengan stok minyak yang mulai sulit ditemukan di wilayahnya.

Pihaknya sudah meminta kepada dinas terkait untuk terus melakukan monitoring terkait dengan ketersediaan minya di pasaran.

"Makanya saya tugaskan Dinas Indag untuk terus melakukan monitoring di lapangan. Jangan sampai stoknya kosong seperti ini. Saya juga khawatir kalau stoknya kosong," kata Benyamin.

3. Benyamin minta pemerintah pusat turun tangan

Kecewa! Benyamin Bingung Stok Minyak Goreng di Tangsel Malah LangkaPernyataan Presiden Jokowi terkait Vaksinasi untuk Anak pada Senin (28/6/2021). (dok. Biro Pers Kepresidenan)

Dia mengatakan, pihaknya menyerahkan sepenuhnya kepada pemerintah pusat terkait dengan kelangkaan yang terjadi pada minyak di wilayahnya.

Pihaknya pun sudah berkoordinasi dengan distributor minyak sebagai upaya mengisi kekosongan minyak di pusat perbelanjaan masyarakat.

"Saya serahkan sepenuhnya ke kementerian, ya. Karena kita sudah melakukan koordinasi dengan distributor dan lain sebagainya," katanya.

Baca Juga: Minyak Goreng Langka, Pemkot Tangsel Bakal Sidak Pasar Murah

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya