Comscore Tracker

MUI Tangsel Minta Hiburan Malam Tutup Total Sepanjang Ramadan

Ada 12 jenis tempat hiburan yang tak boleh buka

Tangerang Selatan, IDN Times - Majelis Ulama Indonesia Kota Tangerang Selatan (MUI Tangsel) menyiapkan rekomendasi operasional bagi industri kepariwisataan, khususnya sepanjang bulan suci Ramadan tahun ini. Klausul tersebut akan disampaikan kepada pemerintah daerah setempat.

"Tempat hiburan tutup total," kata Sekretaris Umum MUI Kota Tangsel, KH Abdul Rojak, Minggu (27/3/2022).

1. Rapat koordinasi sudah dilakukan

MUI Tangsel Minta Hiburan Malam Tutup Total Sepanjang RamadanLogo Majelis Ulama Indonesia (MUI) (IDN Times/Mui.or.id)

Penutupan operasional industri hiburan untuk menghormati umat muslim yang sedang beribadah Ramadan. Pada beberapa hari lalu, pihaknya sudah berkoordinasi dan rapat lanjutan.

Rojak memastikan regulasi operasional industri pariwisata sepanjang Ramadan tahun ini tidak akan berbeda jauh dengan tahun kemarin. "Tapi ada perubahan sedikit-sedikit," jelasnya.

Baca Juga: Jelang Mudik Lebaran, Polda Banten Ikut Percepat Booster COVID-19

2. Diskotek dan sebagainya wajib tutup

MUI Tangsel Minta Hiburan Malam Tutup Total Sepanjang RamadanDiskotik Sky Garden disegel karena tak miliki izin operasional (Dok. Istimewa)

Surat Edaran Wali Kota (SE Wako) pada 2021 lalu menyebutkan ada 12 jenis tempat hiburan yang wajib tutup. Seperti klub malam, diskotek, pub, bar, karaoke, rumah billiard, dan permainan ketangkasan kecuali fasilitas mal.

Kemudian juga live musik kecuali genre religi dalam rangka syiar agama, atau program kegiatan dengan izin kepolisian dan Satgas COVID-19 Kota Tangsel, terapi air atau spa, rumah pijat, gelanggang renang dan usaha wisata tirta.

3. Kemenag bakal tentukan awal Ramadan 1 April mendatang

MUI Tangsel Minta Hiburan Malam Tutup Total Sepanjang RamadanKantor Kementerian Agama. IDN Times/Helmi Shemi

Sebagaimana diketahui, Kementerian Agama (Kemenag) akan menggelar Sidang Isbat untuk menetapkan 1 Ramadan 1443 H, Jumat (1/4/2022) petang.

Sebagaimana biasanya, sidang yang berlangsung di Auditorium HM Rasjidi Kemenag akan didahului dengan Seminar Pemaparan Posisi Hilal oleh Tim Unifikasi Kalender Hijriyah Kemenag.

Baca Juga: Daftar Tempat Ziarah di Banten, Biasa Dikunjungi Jelang Ramadan

Topic:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya