Operasi Pasar, Pemkot Tangerang Siapkan 10 Ton Minyak Goreng Curah

Minyak goreng bakal disalurkan melalui pasar tradisional

Kota Tangerang, IDN Times - Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UKM (Disperindagkop UKM) Kota Tangerang bakal menyelenggarakan operasi pasar khusus komoditas minyak goreng curah pada Selasa (29/3/2022).

Disperindagkop UKM menyiapkan 10 ribu liter atau 10 ton minyak goreng curah di pasar tradisional.

Baca Juga: HET Dicabut, Minyak Goreng di Tangerang Capai Rp63 Ribu!

1. Pemerintah kumpulkan data pedagang

Operasi Pasar, Pemkot Tangerang Siapkan 10 Ton Minyak Goreng CurahSeorang pedagang menimbang minyak goreng curah di salah satu kios di Pasar Senen, Jakarta, Rabu (2/2/2022). ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat.

Sub Koordinasi Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga di Disperindagkop UKM Kota Tangerang Teguh Heryadi mengatakan, pihaknya tengah menunggu proses administrasi dari masing-masing pedagang, sebagai syarat agar bisa mendapatkan minyak goreng curah dari pemerintah itu.

Beberapa syarat yang harus diserahkan para pedagang adalah fotokopi KTP, NPWP, dan menandatangani pakta integritas agar menjual minyak goreng curah tersebut sesuai ketentuan pemerintah.

"Sejauh ini laporan dari PD Pasar yang terdata di Pasar Anyar Tangerang itu 41 pedagang," kata dia, Kamis (24/3/2022).

2. Pedagang tak boleh jual dengan harga tinggi. Kalau pedagang bandel, ada sanksi loh

Operasi Pasar, Pemkot Tangerang Siapkan 10 Ton Minyak Goreng CurahMinyak Goreng Curah. (IDN Times/Adeng Bustomi)

Teguh mengancam akan memberikan sanksi kepada para pedagang yang berani menjual minyak goreng curah kepada masyarakat melebihi harga yang ditentukan.

"Maka itu kita diwajibkan pedagang yang ingin membeli minyak goreng curah harus menandatangani pakta integritas, jadi kalau memang kita temukan (pelanggaran) maka kita akan jatuhkan sanksi kepada pedagang tersebut," kata dia.

3. Masyarakat yang lihat ada pedagang nakal, silakan melapor ya~

Operasi Pasar, Pemkot Tangerang Siapkan 10 Ton Minyak Goreng CurahPekerja menata minyak goreng curah yang sudah dikemas kantong plastik di salah satu agen penjualan minyak goreng curah di Surabaya, Jawa Timur, Rabu (5/1/2022). (ANTARA FOTO/Patrik Cahyo Lumintu)

Pihaknya pun meminta masyarakat melaporkan jika ada pedagang yang melakukan hal tersebut.

"Dan kami minta masyarakat melaporkan kepada kami atau kepada pihak kepolisian. Ini demi menstabilkan harga minyak goreng di Kota Tangerang," ujarnya.

Baca Juga: Pemkot Tangerang Gelar Virtual Job Fair, Ada 2.472 Lowongan Kerja 

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya