Pemkot Tangerang Akan Vaksin Booster Kedua Para Lansia

Ini untuk cegah penyebaran COVID-19 varian baru

Kota Tangerang, IDN Times - Kementerian Kesehatan telah mengizinkan pemberian vaksin Covid-19 booster kedua atau vaksin dosis keempat, dengan sasaran kalangan lansia atau orang berusia 70 tahun ke atas. Merespons kebijakan ini, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tangerang akan segera merealisasikan pemberian vaksin COVID-19 kepada para lansia di wilayahnya.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Tangerang Dini Anggraeni mengungkapkan, pihaknya kembali menyiapkan atau menguatkan petugas kesehatannya. Namun, secara realisasinya pelaksanaan akan dilakukan dalam waktu dekat ini.

"Lansia dapat berkunjung ke puskesmas untuk mendapat booster kedua.  Tentu bagi mereka yang bugar. Cara lain, ialah petugas akan melakukan secara door to door langsung ke rumah lansia," kata Dini, Rabu (23/11/2022).

Baca Juga: Tok! Kemenkes Izinkan Lansia di Atas 60 Tahun Dapat Vaksin Booster 

1. Bisa dilaksanakan di tingkat RW

Pemkot Tangerang Akan Vaksin Booster Kedua Para Lansiailustrasi vaksinasi COVID-19 untuk lansia (IDN Times/Aditya Pratama)

Pelaksanaan vaksinasi bagi lansia ini bisa juga dilakukan dengan membuka gerai vaksin tingkat RW. Langkah ini diambil untuk lingkungan yang memang didominasi lansia semua. "Sehingga, dapat berlangsung lebih masif lagi," kata Dini.

Teknis pelaksanaan itu, imbuhnya, tentu menyesuaikan dengan kondisi dimasing-masing wilayah.

Di sisi lain, Dini juga mengungkap bahwa semua puskesmas, RSUD dan seluruh rumah sakit di Kota Tangerang akan dikerahkan untuk memaksimalkan angka capaian booster kedua untuk lansia di Kota Tangerang. 

2. Ini langkah antisipasi munculnya varian baru

Pemkot Tangerang Akan Vaksin Booster Kedua Para LansiaIlustrasi lansia (ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha)

Ia menjelaskan, respons ini diambil secara cepat sebagai upaya mitigasi peningkatan kasus dan munculnya subvarian baru. Selain itu, untuk memberikan perlindungan tambahan terhadap kelompok rentan, untuk mengurangi tingkat keparahan, bahkan kematian akibat COVID-19.

Percepatan vaksinasi baik primer maupun booster, kata dr Dini perlu dilakukan mengingat pasien COVID-19 yang meninggal sebagian besar adalah masyarakat yang belum divaksinasi, lansia dan orang dengan penyakit penyerta.

"Dengan itu, kami mengajak masyarakat yang belum vaksinasi maupun yang belum melengkapi dosis primer juga booster, terutama pada lansia, agar segera melakukan vaksinasi. Lansia pun diimbau untuk bersiap booster kedua digerai vaksinasi yang disiapkan," imbaunya.

3. Sebanyak 77,2 persen lansia Kota Tangerang sudah vaksin

Pemkot Tangerang Akan Vaksin Booster Kedua Para LansiaDua orang lansia penghuni Griya Lansia Husnul Khotimah di Wajak, Kabupaten Malang. IDN Times/Alfi Ramadana

Sebagai informasi, capaian vaksinasi COVID-19 kategori lansia saat ini 80.964 jiwa atau 77,2 persen, dosis dua 74.088 jiwa atau 70,6 persen dan dosis tiga 57.888 jiwa atau 55,2 persen.

Baca Juga: Lansia di Kota Tangerang Harus Bahagia

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya