Comscore Tracker

Pemkot Tangerang Buka Pendaftaran Pelatihan Kerja 

Tersedia kuota untuk 1.740 orang, kamu tertarik?

Kota Tangerang, IDN Times - Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) Kota Tangerang menggelar rekrutmen pelatihan kewirausahaan secara gratis. Dalam kesempatan ini, disediakan kuota peserta sebanyak 1.740 orang.

Kepala Bidang Penempatan Tenaga Kerja dan Perluasan Kesempatan Kerja, Disnaker, Mualim menjelaskan ada tujuh pelatihan yang dibuka. Pelatihan itu terdiri dari barista, reparasi sepeda, packaging, sablon, konten kreatif, pembuatan makanan, hingga digital marketing.

"Pelatihan angkatan pertama ini pendaftarannya sudah dibuka lewat aplikasi Tangerang LIVE dalam fitur Tangerang Cakap Kerja. Pelatihan angkatan pertama ini, akan dimulai pada Maret mendatang. Jadi, ayo segera daftarkan diri anda sekarang," kata Mualim, Kamis (24/2/2022).

Baca Juga: BOR Rendah Tapi Warga Kesulitan Cari ICU COVID-19 di Kota Tangerang 

1. Kamu tertarik? Simak nih syarat pendaftarannya

Pemkot Tangerang Buka Pendaftaran Pelatihan Kerja (Ilustrasi pengangguran di jobfair) IDN Times/Muhamad Iqbal

Jika kamu tertarik, ada beberapa syarat pendaftaran yang harus kamu penuhi. Pertama, peserta men-download aplikasi Tangerang LIVE pastikan akun terverifikasi lebih dulu. Selanjutnya, klik menu Layanan Ketenagakerjaan. Pilih fitur Tangerang Cakap Kerja.

Selanjutnya, pilih menu Latihan Kewirausahaan, pilih pelatihan Offline, pilih pelatihan yang diminati dan isi formulir dan upload persyaratan yang dibutuhkan.

"Persyaratannya mulai dari KTP Kota Tangerang, kartu kuning, ijazah terakhir dan foto bewarna. Kalau sudah dilengkapi semuanya, klik Daftar. Calon peserta tinggal menunggu info selanjutnya lewat menu Tangerang Cakap Kerja tersebut," jelasnya.

2. Program ini diharapkan dapat mengurangi jumlah pengangguran

Pemkot Tangerang Buka Pendaftaran Pelatihan Kerja Ilustrasi (IDN Times/Arief Rahmat)

Kata Mualim, Pemkot Tangerang berharap lewat pelatihan kewirausahaan ini dapat mencetak wirausahawan baru yang profesional, tangguh dan mandiri. Terlebih, merentas angka pengangguran di Kota Tangerang.

"Semoga pelatihan kewirausahaan ini dapat menyerap tenaga kerja sebanyak mungkin. Dengan begitu, mereka dapat meretas angka pengangguran di Kota Tangerang. Jadi, jangan lewatkan kesempatan ini," imbaunya.

3. Di 2021 tingkat pengangguran meningkat

Pemkot Tangerang Buka Pendaftaran Pelatihan Kerja Ilustrasi PHK (IDN Times/Arief Rahmat)

Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Tangerang mencatatkan tingkat pengangguran terbuka (TPT) di Kota Tangerang tahun 2021 meningkat 0,44 persen dibanding tahun lalu.

"TPT 2021 sebesar 9,07 persen, naik 0,44 poin dari tahun 2020 yang sebesar 8,63 persen," kata Kepala BPS Kota Tangerang, Muladi Widastomo kepada IDN Times, Rabu (10/11/2021).

Meski begitu, kata Muladi, peningkatan jumlah TPT dari tahun 2020 ke tahun 2021 lebih sedikit dibanding peningkatan TPT dari tahun 2019 ke tahun 2020. Dari tahun 2019 ke tahun 2020, TPT mengalami peningkatan hingga 1,49 persen.

Baca Juga: Cari Loker Via Medsos, Wanita di Tangerang Malah Diperkosa

Topic:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya