Pilkada 2024, KPU Kota Tangerang: Jumlah DP4 1,3 Juta

DP4 adalah Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilihan

Kota Tangerang, IDN Times - Jelang pemilihan kepala daerah, KPU Kota Tangerang telah mengantongi Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilihan (DP4) sebanyak 1.385.155 orang setelah proses pencocokan dan penelitian (coklit) dituntaskan.

“Kami baru saja menuntaskan proses coklit secara lancar. Calon pemilih (DP4) meningkat sekitar lebih dari 22 ribu dibandingkan pada Pemilu 2024,” kata Ketua KPU Kota Tangerang, Qori Ayatullah, Kamis (25/7/2024).

Proses coklit data pemilih merupakan bagian dari tahapan pemutakhiran dan penyusunan daftar pemilih menjelang Pilkada 2024.

Setelahnya, KPU Kota Tangerang akan melanjutkan tahapan proses persiapan lainnya sampai Rapat Pleno Rekapitulasi dan Penetapan Daftar Pemilh Tetap (DPT) yang akan diselenggarakan pada September 2024 mendatang.

1. Cara cek, apakah kamu sudah terdata sebagai pemilih atau belum

Pilkada 2024, KPU Kota Tangerang: Jumlah DP4 1,3 JutaIlustrasi TPS Pemilu 2024. (IDN Times/Muhammad Nasir)

Qory mengatakan, pihaknya mengimbau kepada masyarakat untuk memastikan diri telah terdata sebagai daftar pemilih dengan melakukan pemantauan dan pengecekan hasil coklit melalui situs resmi yang telah disediakan, yakni di https://cekdptonline.kpu.go.id.

Hal ini dilakukan untuk memastikan hak pilih pada Pilkada 2024 mendatang.

“Kami juga mengimbau kepada masyarakat untuk segera melakukan pengecekan, serta bila belum tercoklit dapat langsung mengurusnya melalui Petugas Pemungutan Suara (PPS) yang telah tersebar di seluruh kelurahan di Kota Tangerang,” kata dia.

2. Pilkada di Kota Tangerang diselenggarakan untuk pilih Gubernur Banten danWali Kota Tangerang

Pilkada 2024, KPU Kota Tangerang: Jumlah DP4 1,3 Jutailustrasi pemilu (IDN Times/Esti Suryani)

Selain itu, Pilkada 2024 diselenggarakan untuk memilih Gubernur dan Wakil Gubernur Banten, sekaligus Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tangerang dengan proses pemungutan suara yang akan dilaksanakan pada 27 November 2024 mendatang.

Baca Juga: Adu Kuat Andra-Dimyati Versus Airin di Pilgub Banten

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya