PPDB Tangsel 2022, Siswa Penghapal Alquran Bakal Dapat Prioritas

Ada subsidi SPP bagi siswa miskin yang disiapkan

Tangerang Selatan, IDN Times - Pemerintah Kota Tangerang Selatan (Tangsel) tengah menyusun petunjuk teknis pelaksanaan Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun Ajaran 2022. Salah satu hal baru yang bakal ada pada regulasi PPDB mendatang adalah kuota penghafal Alquran.

"Ada jalur prestasi, ada jalur yang hafiz Quran juga. Ada jalur subsidi kita lagi cari kata yang tepat," kata Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Tangsel, Deden Deni, kepada wartawan, Selasa (22/3/2022).

Baca Juga: Polres Tangsel Bekuk 2 Siswa Pelaku Tawuran yang Tewaskan 1 Pelajar

1. Siswa tetap bisa dapat kuota PPDB walau tak sesuai zonasi

PPDB Tangsel 2022, Siswa Penghapal Alquran Bakal Dapat Prioritas(Ilustrasi). Siswa dan wali murid berkonsultasi dengan petugas pusat layanan informasi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di SMA 7 Solo, Jawa Tengah, Selasa (2/7/2019). ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha

Menurutnya, peserta didik penghafal Alquran atau hafiz yang ingin masuk SD dan SMP negeri bakal mendapatkan kuota prioritas.

Meskipun sekolah negeri yang dituju di luar zonasi wilayah tempat tinggalnya.

2. Pemkot Tangsel siapkan subsidi SPP

PPDB Tangsel 2022, Siswa Penghapal Alquran Bakal Dapat PrioritasIlustrasi uang rupiah (IDN Times/Anggun Puspitoningrum).

Deden mengatakan, bagi siswa-siswi yang tidak diterima di sekolah negeri dalam satu zonasi didorong ke swasta dengan catatan ada bantuan subsidi SPP. Subsidi SPP ini berlaku hanya beberapa bulan. 

"Kita punya program subsidi siswa tersebut. Dianggarkan tiap tahun. Pertama ya penting ada bantuan SPP beberapa bulan," terangnya.

3. Subsidi SPP hanya untuk masyarakat miskin

PPDB Tangsel 2022, Siswa Penghapal Alquran Bakal Dapat PrioritasIlustrasi warga miskin menarik gerobak bersama dua anaknya (ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman)

Deden memastikan, siswa-siswi yang berhak menerima subsidi SPP tentunya dari kalangan masyarakat ekonomi menengah ke bawah.

"Yang jelas baru tahun ini jadi demikian perbedaan dengan tahun-tahun sebelumnya," kata dia.

Baca Juga: Wali Kota Benyamin Akan Safari Ramadan Lagi di Tangsel 

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya