Ratusan Orang di Tangerang Dilantik Jadi Forum Kewaspadaan, Apa Itu?

Zaki sebut mereka bertugas jaga kerawanan sosial

Tangerang, IDN Times - Bupati Tangerang A Zaki Iskandar mengukuhkan 150 orang pengurus dan anggota Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat tingkat kecamatan se-Kabupaten Tangerang. Apakah itu? 

Zaki mengatakan, Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) merupakan bentuk respons Pemerintah Kabupaten Tangerang sebagai amanat Peraturan Dalam Negeri Nomor 46 Tahun 2019 Perubahan atas Peraturan Dalam Negeri Nomor 2 Tahun 2018 Tentang Kewaspadaan Dini di Daerah. 

"Forum ini dibentuk sebagai wadah dan jembatan bagi aspirasi masyarakat, kemudian juga kerawanan-kerawanan sosial yang ada di masyarakat. Sekaligus juga sebagai forum yang nantinya akan membina masyarakat kita," katai Zaki, Senin (19/12/2022).

Baca Juga: Tata Cara Bikin Kartu Keluarga di Kota Tangerang

1. Suasana aman dan nyaman merupakan tanggung jawab bersama

Ratusan Orang di Tangerang Dilantik Jadi Forum Kewaspadaan, Apa Itu?Kapolda Metro Jaya, Irjen Pol Fadil Imran mendatangi tersangka tawuran remaja di Polres Metro Depok. (IDNTimes/Dicky)

Iti mengatakan, kondisi dan situasi lingkungan yang aman dan nyaman merupakan tanggungjawab bersama, baik itu aparatur pemerintah, masyarakat maupun pihak lainnya.

"Mudah-mudahan dengan dibentuknya forum ini bisa bekerja sama dengan aparatur tingkat kecamatan, kabupaten maupun aparatur penegak sipil, termasuk aparat penegak hukum dan masyarakat," kata dia.

2. Pembekalan telah diberikan kepada anggota FKDM-K

Ratusan Orang di Tangerang Dilantik Jadi Forum Kewaspadaan, Apa Itu?Bupati Tangerang, Ahmed Zaki Iskandar kunjungi Kantor IDN Media HQ pada Senin (20/9/2022). (IDN Times/Rendy Septian Anwar)

Zaki mengatakan, pihaknya telah melakukan pembekalan dan sosialisasi kepada Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat di tingkat Kecamatan (FKDM-K). 

Ke depan, Zaki berharap, ancaman, tantangan, hambatan dalam penanganan dan pencegahan gangguan keamanan dan ketertiban umum dapat diantisipasi dan ditanggulangi dengan lebih baik dan terkoordinasi.

3. Zaki berharap semua berkolaborasi

Ratusan Orang di Tangerang Dilantik Jadi Forum Kewaspadaan, Apa Itu?Ilustrasi bentrokan (IDN Times/Mardya Shakti)

Untuk itu, dia berharap pengurus dan anggota yang dikukuhkan bisa bekerja sama dan berkoordinasi secara aktif dengan seluruh stakeholder di masyarakat.

"Saya harap semua dapat berkolaborasi," ungkapnya.

Baca Juga: Satpol PP Kota Tangerang Periksa 2 Orang Penjual Miras

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya