Comscore Tracker

Vaksinasi Kedua di Tangerang dan Tangsel, Siapa Prioritasnya?

10 ribu pedagang pasar di Tangsel dapat jatah vaksin

Kota Tangerang, IDN Times - Pemerintah Kota Tangerang telah merampungkan proses vaksinasi tahap pertama yang ditujukan bagi para tenaga kesehatan (nakes) yang bertugas di seluruh wilayah Kota Tangerang.

Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah dalam keterangan tertulis yang diterima IDN Times, Selasa (16/2/2021) menyebut, dengan rampungnya proses vaksinasi tahap pertama, Pemkot akan bersiap melanjutkan tahapan vaksinasi kedua. 

Di gelombang kedua, vaksinasi ditujukan bagi guru, TNI, Polri, DPR, DPRD, tokoh agama, pejabat daerah, ASN, BUMN, BUMD, Satpol PP, pedagang pasar, petugas pariwisata, Organda, dan ojek taksi daring.

"Tahap pertama sudah selesai 100 persen, dan tahap kedua sudah berjalan 52 persen," kata Arief.

1. Kota Tangerang siap terima 110.000 dosis vaksin COVID-19 di gelombang II

Vaksinasi Kedua di Tangerang dan Tangsel, Siapa Prioritasnya?Wali kota Tangerang, Arief Wismansyah melakukan pemantauan terhadap protokol kesehatan di fasilitas publik (Instagram.com/@ariefwismansyah)

Arief mengatakan, Pemkot Tangerang akan mempersiapkan proses vaksinasi bagi sektor pelayanan publik di Kota Tangerang dengan jumlah vaksin yang disediakan tak kurang dari 110.000 dosis.

"Termasuk pedagang - pedagang di pasar atau yang bekerja di pusat perbelanjaan. Intinya yang setiap harinya berinteraksi langsung dengan masyarakat," kata Arief.

2. Arief harap masyarakat ikut menyukseskan vaksinasi COVID-19

Vaksinasi Kedua di Tangerang dan Tangsel, Siapa Prioritasnya?Kemacetan di Ciledug Raya (ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal)

Arief mengharapkan agar masyarakat dapat menyukseskan program vaksinasi sebagai salah satu bentuk bela negara dalam menghadapi pandemi COVID-19.

"Tidak perlu khawatir, ini menjadi kewajiban bagi setiap masyarakat agar pandemi bisa segera dilewati," kata Arief.

3. Di Tangsel, pedagang pasar jadi prioritas vaksinasi jilid II

Vaksinasi Kedua di Tangerang dan Tangsel, Siapa Prioritasnya?Ilustrasi pasar tradisional. ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso

Sementara di Kota Tangerang Selatan (Tangsel), Pemkot Tangsel berencana akan memprioritaskan para pedagang pasar divaksinasi COVID-19 pada jilid ke II.

Dikutip dari Antaranews, juru bicara Gugus Tugas COVID-19 Kota Tangerang Selatan (Tangsel) Tulus Muladiyono mengatakan, tahap kedua suntik vaksin COVID-19 akan difokuskan kepada anggota TNI/Polri dan pedagang pasar tradisional, dan pelaksanaannya diperkirakan mulai akhir Februari 2021.

"Mengapa pedagang pasar, karena interaksi mereka tinggi, kemudian mereka juga menjadi penjual kebutuhan pokok," kata Tulus Muladiyono. Di sisi lain, imbuhnya, masyarakat membutuhkan bahan pokok dari para pedagang itu. 

Saat ini, pihaknya masih mendata jumlah anggota TNI/Polri dan pedagang yang akan disuntik vaksin Sinovac itu. Dari data yang didapat ada sekitar 15.000 anggota TNI/Polri yang menjadi target vaksinasi.

"Lalu ada sekitar 10.000 (pedagang) deh kalau dari Disperindag. Tetapi saya minta di update lagi datanya. Misalnya orang itu tidak punya lapak dan kios, tapi ada di pinggir jalan bagaimana. Sedangkan dia ada di situ," ucap Tulus.

 

4. Target vaksinasi gelombang pertama di Tangsel meningkat hingga menjadi 1,2 juta orang

Vaksinasi Kedua di Tangerang dan Tangsel, Siapa Prioritasnya?Ilustrasi Vaksin. ANTARA FOTO/Wahyu Putro A

Sementara itu, untuk vaksinasi gelombang pertama, terjadi penambahan jumlah tenaga kesehatan (nakes) dan pelayanan publik. Jumlah warga Tangsel yang akan divaksin melonjak dari yang tadinya 900 ribu menjadi sekitar 1,2 juta orang.

"Itu untuk rencana vaksinasi. Dalam hal pelaksanaan vaksinasi ini, dilakukan di sekitar 70 tempat di Kota Tangsel, 29 puskesmas, dan sisanya di rumah sakit swasta dan klinik. Semua bisa melaksanakan vaksinasi," ujarnya.

Baca Juga: Soal PPKM Mikro, Pemkot Tangsel Masih Kaji Pembiayaannya

Topic:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya