Comscore Tracker

Wali Kota Airin Siapkan Skema Vaksinasi COVID-19 untuk Warga Tangsel 

Pemerintah setempat mulai mendata warga

Tangerang Selatan, IDN Times - Wali Kota Tangerang Selatan (Tangsel) Airin Rachmi Diany mengungkap tengah menyiapkan skema persiapan pemberian vaksin COVID-19 dengan berkoordinasi pada pemerintah pusat.

Airin menyebut, dimulai dengan melakukan pendataan terhadap jumlah penduduk berdasarkan klaster usia. Kemudian pendataan sumber daya manusia (SDM) yang dimiliki guna pemberian vaksin secara massal terbatas.

“Vaksinasi terlepas dari kapan pun, kami atas arahan dari Kementerian Kesehatan melalui Dinas Kesehatan Tangsel bahwa kita membuat skema pendataan berapa jumlah penduduk, usia berapa-berapa, lalu kita klaster,” ujar Airin, Jumat (23/10/2020).

Baca Juga: Banten Dapat Jatah 8,1 Juta Vaksin COVID-19 

1. SDM untuk persiapan vaksinasi tengah disiapkan

Wali Kota Airin Siapkan Skema Vaksinasi COVID-19 untuk Warga Tangsel Ilustrasi vaksin (ANTARA FOTO/AAP Image/David Mariuz via REUTERS)

Untuk SDM, kata Airin, pihaknya telah menyiapkan banyak dokter, perawat dan tenaga medis lainnya. Untuk teknis pelaksanaannya pun Airin meminta dinas terkait menggandeng berbagai pihak.

Meski demikian, Airin  belum bisa memastikan apakah akan menggelar simulasi terlebih dulu sebelum pemberian vaksin.

“Tapi sejauh ini laporan dari dinas kesehatan dan yang saya perintahkan ke dinas kesehatan, cek data SDM di bidang kesehatan berapa yang kita punya, dan klastering terhadap masyarakat di Kota Tangsel,” ungkapnya.

2. Banten dapat jatah 8,1 juta vaksin COVID-19

Wali Kota Airin Siapkan Skema Vaksinasi COVID-19 untuk Warga Tangsel IDN Times/ Khaerul Anwar

Sebelumnya diberitakan, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Banten, Ati Pramudji Hastuti memastikan Banten mendapatkan jatah sebanyak 8.131.798 juta vaksin virus corona atau COVID-19 dari pemerintah pusat.

Vaksin tersebut rencananya akan disalurkan secara bertahap mulai Desember 2020.

3. Sebanyak 63 ribu warga Banten akan disuntik vaksin pada Desember 2020

Wali Kota Airin Siapkan Skema Vaksinasi COVID-19 untuk Warga Tangsel Bio Farma ( ANTARA FOTO/M Agung Rajasa)

Disampaikan Ati, untuk tahap pertama pada bulan Desember 2020 sebanyak 63.536 warga Banten yang akan disuntik vaksin. Sasaran utama pada tahap pertama vaksin itu adalah tenaga kesehatan, TNI, Polri, dan Satpol PP.

"Untuk tahap pertama di Desember sasaran dimana 45.829 merupakan tenaga kesehatan dan 17.088 adalah anggota TNI, Polri dan Satpol PP yang ada di garda terdepan penanganan COVID-19. Tahap satu itu," kata Ati, Jumat (23/10/2020).

Pemerintah melalui Satuan Tugas Penanganan COVID-19, menggelar kampanye 3 M : Gunakan Masker, Menghindari Kerumunan atau jaga jarak fisik dan rajin Mencuci tangan dengan air sabun yang mengalir.  Jika protokol kesehatan ini dilakukan dengan disiplin, diharapkan dapat memutus mata rantai penularan virus.  Menjalankan gaya hidup 3 M, akan melindungi diri sendiri dan orang di sekitar kita. Ikuti informasi penting dan terkini soal COVID-19 di situs covid19.go.id dan IDN Times

Baca Juga: Ini Perbedaan Vaksin Merah Putih vs Vaksin Sinovac

Topic:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya