Wali Kota Tangerang Akui Sulit Bangun Ruang Terbuka Hijau 

Salah satu tantangannya adalah keterbatasan lahan

Kota Tangerang, IDN Times - Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah mengaku sulit untuk mewujudkan Ruang Terbuka Hijau (RTH) sebesar 20 persen dari keseluruhan luas wilayah. Ada sejumlah kendala yang dia hadapi. 

Salah satunya,  keterbatasan lahan.  "Saya sampaikan untuk menyediakan RTH publik sebesar 20 persen dan 10 persen untuk private itu sangat sulit dilakukan. Terlebih di Kota Tangerang yang lahannya juga sudah terbatas," ujar Arief, Jumat (23/4/2021).

1. Arief sebut sejumlah program tengah disiapkan

Wali Kota Tangerang Akui Sulit Bangun Ruang Terbuka Hijau IDN Times/Muhamad Iqbal

Arief menyebut, sejumlah program dia tempuh untuk mengakomodir kebutuhan dan kondisi riil di wilayah terkait penyediaan RTH. Misalnya, mengakomodir ruang untuk inovasi teknologi contohnya keberadaan green roof dan vertikal garden sebagai RTH telah dilakukan.

"Memberi nilai tambah terhadap RTH pada sempadan sungai atau danau yang terhubung dengan badan air. Sehingga nilainya setara dengan dua hingga tiga kali lipat luasan RTH biasa," katanya.

2. Sejauh ini, RTH masih sebatas fasilitas pengembang perumahan

Wali Kota Tangerang Akui Sulit Bangun Ruang Terbuka Hijau Ilustrasi Perumahan (IDN Times/Arief Rahmat)

Terpisah, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar), Ubaidillah Ansar mengklaim, RTH masih hanya sebatas fasilitas yang diserahkan oleh pihak pengembang perumahan ke Pemkot Tangerang.

Sementara pengelolaan yang dilakukan oleh pihaknya masih secara sporadis. "Saat ini (Pemkot) melalui Dinas PUPR dan Dinas Perkim tengah mengejar aset yang belum diserahkan," kata dia.

3. Saat ini, Disbudpar kelola 27 taman

Wali Kota Tangerang Akui Sulit Bangun Ruang Terbuka Hijau IDN Times/Muhamad Iqbal

Ubaidillah tidak menyebutkan jumlah presentase RTH yang dimiliki saat ini karena datanya dimiliki bidang Aset Pemkot Tangerang.

Meski begitu, saat ini pihaknya tengah mengelola 27 taman secara sporadis. "Taman jalan, pulau jalan. Jadi kalau kota khusus membeli lahan buat taman ya belum," kata dia.

Baca Juga: Mau Bayar Zakat Fitrah? Ini 9 Lokasi Booth Baznas Kota Tangerang

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya