Cegah Pesisir Jadi Jalur Selundupan Narkoba, Polisi Gandeng Nelayan 

Polisi juga akan intensifkan patroli air

Tangerang, IDN Times - Aparat Polresta Tangerang mulai serius memperketat pengawasan di area pesisir wilayah Kabupaten Tangerang, Banten. Hal itu dilakukan untuk mengantisipasi upaya penyelundupan narkoba yang memanfaatkan wilayah pesisir. Sebab, polisi menilai wilayah pesisir tersebut cenderung sepi dan lemah pengawasan.

Apalagi menjelang Natal dan Tahun Baru, peredaran dan distribusi narkoba akan membanjiri wilayah Tangerang seperti yang terjadi dalam penangkapan Warga Negara Asing (WNA) di Bandara Internasional Soekarno-Hatta beberapa waktu lalu.

Baca Juga: BNN dan Bareskrim Polri Gerebek Pabrik Narkoba di Cilacap dan Kebumen

1. Persempit jalur distribusi narkoba, aparat gandeng nelayan

Cegah Pesisir Jadi Jalur Selundupan Narkoba, Polisi Gandeng Nelayan IDN Times/Candra Irawan

Kepala Satuan Reserse Narkoba Polresta Tangerang, Kompol Tosriadi Jamal mengatakan, akses distribusi narkoba harus dipersempit tanpa terkecuali di wilayah pesisir. Karena bukan tidak mungkin para pengedar narkoba itu tidak memanfaatkan wilayah pesisir yang cenderung sepi. Salah satu upaya untuk mempersempit distribusi narkoba adalah dengan menggandeng para nelayan.

"Pesisir dapat dijadikan salah satu pintu masuk, untuk itulah peran masyarakat dalam hal ini nelayan menjadi bagian penting dalam usaha memberantas narkoba," jelas Tosriadi saat Sosialisasi Bahaya Narkoba bersama Nelayan di Kantor Kecamatan Kronjo, Kabupaten Tangerang, Selasa (26/11).

2. Distribusi narkoba dijalur pesisir kerap gunakan kapal nelayan

Cegah Pesisir Jadi Jalur Selundupan Narkoba, Polisi Gandeng Nelayan IDN Times/Candra Irawan

Tosriadi mengatakan, wilayah pesisir cenderung jauh dari aktivitas masyarakat, dan sewaktu-waktu dapat dijadikan celah menyelundupkan narkoba melalui pelabuhan ilegal, atau bahkan tempat-tempat bersandar yang jauh dari jangkauan orang banyak.

"Para pengedar narkoba dimungkinkan menggunakan kapal kecil untuk membawa barang haram itu. Tujuannya agar tidak terdeteksi karena dianggap kapal nelayan yang sedang mencari ikan," ujarnya.

3. Nelayan dinilai lebih mengetahui keadaan di pesisir

Cegah Pesisir Jadi Jalur Selundupan Narkoba, Polisi Gandeng Nelayan IDN Times/Candra Irawan

Menurut Tosriadi, keterlibatan masyarakat untuk mencegah masuknya narkoba ke Kabupaten Tangerang menjadi sangat penting, karena hanya nelayan yang dapat mengenal dan mengetahui seluk-beluk wilayah pesisir.

"Keterlibatan nelayan dalam penanggulangan narkoba di wilayah pesisir begitu krusial," katanya.

4. Polisi janji akan mengintensifkan patroli air

Cegah Pesisir Jadi Jalur Selundupan Narkoba, Polisi Gandeng Nelayan IDN Times/Candra Irawan

Sementara itu, Kapolresta Tangerang AKBP Ade Ary Syam Indradi menambahkan, para nelayan diharapkan tidak memberi bantuan dalam bentuk apa pun kepada orang atau kelompok yang terindikasi melakukan aktivitas ilegal. Para nelayan juga segera melapor bila menemukan hal-hal mencurigakan agar dapat segera ditindaklanjuti.

"Kami juga memastikan akan mengintensifkan patroli air, selain sebagai upaya mencegah masuknya narkoba, patroli air juga untuk memastikan keadaan aman dan memberikan bantuan bila ada nelayan yang mengalami kesulitan saat mencari ikan. Intinya sinergisitas antara kepolisian dan nelayan, agar nelayan nyaman melaut dan narkoba dapat kita cegah," ucap Ade.

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya