Comscore Tracker

Jalan di Daan Mogot Ambles Seperti Sumur Berdiameter 2,5 Meter

Jalan ditutup sementara

Tangerang, IDN Times - Jalan Daan Mogot di Kecamatan Batu Ceper, Kota Tangerang, Banten, ambles pada Sabtu (11/12) sore, hingga terlihat seperti lubang menganga. Lubang tersebut berdiameter sekitar 2,5 meter dan belum diketahui pasti penyebabnya.

Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah langsung berkoordinasi dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), lantaran kewenangan jalan itu merupakan kewenangan pemerintah pusat.

1. Jalan ambles terjadi sejak Sabtu (11/1) dan terus melebar

Jalan di Daan Mogot Ambles Seperti Sumur Berdiameter 2,5 Meter(IDN Times/Candra Irawan)

Salah satu saksi mata, Akbar, mengatakan semula lubang tersebut berdiameter sekitar 30 sentimeter. Setelah itu ia bergegas menutup lubang tersebut menggunakan ban bekas, sebagai pemberitahuan kepada para pengendara yang melintas.

"Pukul 15.00 WIB sudah ada lubangnya dan pukul 18.00 lubangnya itu sudah ambles, sudah membesar," ujar pria 45 tahun itu kepada IDN Times, di lokasi kejadian, Minggu (12/1).

Baca Juga: Kisah Perjalanan Menembus Desa Terisolir Sukajaya Bogor Usai Longsor

2. Warga tidak melihat keanehan saat jalan ambles

Jalan di Daan Mogot Ambles Seperti Sumur Berdiameter 2,5 Meter(IDN Times/Candra Irawan)

Akbar mengaku tidak mengetahui persis penyebab adanya jalan nasional penghubung antara Kota Tangerang dengan DKI Jakarta tersebut. Tak juga terdengar suara tanah longsor.

"Gak ada, tahu-tahu ya ambles dan semuanya sudah ramai di sini. Kami juga pasang ban bekas, bangku, meja, agar pengendara tidak melalui sisi ini," ujar dia.

3. Wali Kota Tangerang berkoordinasi dengan Kementerian PUPR karena jalan nasional

Jalan di Daan Mogot Ambles Seperti Sumur Berdiameter 2,5 Meter(IDN Times/Candra Irawan)

Sementara, Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah mengatakan jalan yang ambles di bawah Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) SDN Inpres Tanah Tinggi tersebut akan segera diperbaiki, berkoordinasi dengan Kementerian PUPR.

"Segera lakukan perbaikan sementara sambil menunggu perbaikan dari Kementerian PUPR, karena ini masuk jalan nasional. Lalu lintas jalan ini sangat padat, bahaya kalau tidak segera diperbaiki," kata dia.

4. Aparatur Dishub dan Kepolisian mengatur arus lalu lintas

Jalan di Daan Mogot Ambles Seperti Sumur Berdiameter 2,5 Meter(IDN Times/Candra Irawan)

Arief menyebutkan, Dinas Perhubungan bersama kepolisian setempat juga akan melakukan penutupan jalan sementara, dan melakukan rekayasa lalu lintas.

"Khawatir kalau masih dilintasi akan membahayakan pengguna jalan, untuk pengguna jalan dari Kota Tangerang arah ke Jakarta dan sebaliknya, agar menggunakan jalan alternatif lain hingga perbaikan jalan ambles ini selesai," ucap dia.

Baca Juga: Tanah Longsor di Kabupaten Bogor Memakan 11 Korban Jiwa

Topic:

  • Rochmanudin

Just For You