Comscore Tracker

Kemarau Panjang, Ibu-ibu di Tangerang Berebut Air Bersih

Ratusan KK terdampak kekeringan di Desa Ciakar

Kabupaten Tangerang, IDN Times - Warga Desa Ciakar Kecamatan Panongan, Kabupaten Tangerang, Banten, berebut air bersih yang dikirimkan aparat Polisi Sektor (Polsek) Panongan, Jumat (23/8) siang. Wilayah tersebut disebut warga setempat sudah lima bulan tidak turun hujan dan membuat warga kesulitan air bersih.

Puluhan warga yang mayoritas ibu-ibu membawa wadah penampungan air berbagai ukuran dan langsung menyerbu mobil tangki air. Sebab, selama ini warga selalu membeli air galon untuk memenuhi kebutuhan air bersih mereka.

1. Puluhan ibu-ibu menyerbu distribusi air bersih

Kemarau Panjang, Ibu-ibu di Tangerang Berebut Air BersihIDN Times/Candra Irawan

Salah satu warga Desa Ciakar, Agus Salim menjelaskan bila wilayah itu tidak turun hujan selama lima bulan terakhir, hingga warga setempat terpaksa harus membeli air galon sebesar Rp20 ribu untuk memenuhi kebutuhan air bersih. Salim menjelaskan, distribusi air bersih yang diberikan itu langsung diserbu ibu-ibu karena takut tidak kebagian air bersih.

"Seperti ini kekeringannya ibu-ibu pada khawatir tidak kebagian air bersih, makanya mereka menyerbu tangki air dan membawa ember, jirigen sama drum," jelasnya kepada IDN Times.

Baca Juga: Kekeringan hingga Pakai Air Got, Warga Tangsel Akhirnya Dapat Bantuan

2. Di Desa Ciakar, ratusan KK terdampak kekeringan

Kemarau Panjang, Ibu-ibu di Tangerang Berebut Air BersihIDN Times/Candra Irawan

Pantauan di lokasi aparat Polsek Panongan, mulai mendistribusikan air bersih ke wadah-wadah penampungan air yang berukuran besar. Akan tetapi ibu-ibu tetap berdesak-desakan untuk mendapatkan air lebih dahulu.

Agus mengatakan, bila ia bersama aparat kepolisian sempat kewalahan menertibkan antrean ibu-ibu tersebut. Selain itu musim kemarau tahun ini dinilainya lebih panjang bila dibandingkan dengan tahun kemarin.

"Sudah tidak ada air lagi, di sini ada ratusan Kepala Keluarga (KK) yang terdampak kekeringan dan itu belum ditambah wilayah atau kecamatan lain. Ada sumber air itu juga sumur tua dan sekarang kondisinya sudah kering, karena banyak warga yang mengambilnya," ujarnya.

3. Polisi mulai salurkan bantuan air bersih

Kemarau Panjang, Ibu-ibu di Tangerang Berebut Air BersihIDN Times/Candra Irawan

Sementara itu Kapolsek Panongan AKP Nana Supriatna menambahkan, selain Desa Ciakar pihaknya juga mendistribusikan air bersih ke wilayah-wilayah lain di Kecamatan Panongan.

"Bantuan ini nantinya bisa mengurangi beban masyarakat, akibat kemarau panjang sehingga tidak kekurangan air bersih," kata Nana.

Baca Juga: Kekeringan Air Sejak Bulan Juni, Warga Tangsel Mandi Pakai Air Got

Topic:

  • Dwifantya Aquina

Just For You