Comscore Tracker

Otoritas Bandar Udara Selidiki Insiden Garuda Hampir Tabrakan 

Hasil investigasi akan diumumkan di depan pihak terkait

Tangerang, IDN Times - Otoritas Bandar Udara Wilayah I Kelas Utama Soekarno-Hatta tengah menyelidiki insiden dua pesawat Garuda Indonesia yang hampir tabrakan di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten. Selanjutnya, hasil penyelidikan akan diketahui dalam kurun waktu dua hingga tiga hari ke depan.

Dua pesawat Garuda hampir saja tabrakan di salah satu jalan penghubung landasan pacu dengan apron atau taxiway Bandara Soekarno-Hatta (Soetta), Kamis (12/12) kemarin. Diduga insiden itu terjadi karena kelalaian Pilot In Command (PIC) pesawat Garuda Indonesia dengan nomor penerbangan GA649 (PK-GMH), rute Ternate (TTE) - Bandara Soetta (CGK).

Baca Juga: Ngeri! 2 Pesawat Garuda Hampir Tabrakan di Bandara Soetta

1. Hasil investigasi akan diumumkan Selasa mendatang, di depan pihak terkait

Otoritas Bandar Udara Selidiki Insiden Garuda Hampir Tabrakan IDN Times/Holy Kartika

Kepala Otoritas Bandar Udara Wilayah I Kelas Utama Soekarno-Hatta, Herson menjelaskan, investigasi insiden itu dilakukan sampai Senin 16 Desember mendatang, dan hasilnya akan diumumkan secara resmi pada Selasa, 17 Desember 2019.

"Nanti Selasa akan diundang semua pihak terkait dan berkumpul di Kantor Otban Wilayah I Kelas Utama Soekarno-Hatta," jelas Herson saat dihubungi IDN Times, Tangerang, Banten, Jumat (13/12).

2. Investigasi dilakukan lebih dulu oleh maskapai Garuda

Otoritas Bandar Udara Selidiki Insiden Garuda Hampir Tabrakan ilustrasi pesawat Garuda (IDN Times/Mela Hapsari)

Menurut Herson, biasanya penyelidikan tersebut akan dilakukan sendiri oleh maskapai penerbangan terkait, dan baru dilakukan oleh Otoritas Bandar Udara.

"Biasanya dari Garuda sendiri yang lebih awal mengambil tindakan, kalau dari pemerintah harus melalui mekanisme," ujarnya.

3. Dua pesawat Garuda Indonesia nyaris tabrakan di Bandara Soetta

Otoritas Bandar Udara Selidiki Insiden Garuda Hampir Tabrakan Acara Peluncuran Pesawat Garuda Airbus A330-900neo (IDN Times/Kevin Handoko)

Sebelumnya diberitakan, dua pesawat Garuda Indonesia nyaris tabrakan di salah satu jalan penghubung landasan pacu dengan apron atau taxiway, Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Kamis (12/12) kemarin.

Peristiwa itu terjadi sekitar pukul 11.00 WIB, saat pesawat Garuda Indonesia dengan nomor penerbangan GA649 (PK-GMH) rute Ternate (TTE) - Bandara Soetta (CGK) baru saja mendarat di bandara. Sementara pesawat GA246 (PK-GRR) rute Bandara Soetta (CGK) - Banyuwangi (BWX), hendak lepas landas.

Kepala Otoritas Bandar Udara Wilayah I Soekarno-Hatta (Soetta) Herson mengatakan, pilot pesawat Garuda Indonesia dengan nomor penerbangan GA649 asal Ternate, disinyalir tidak memahami arahan dari Air Traffic Controller (ATC) hingga peristiwa itu pun terjadi.

"Pesawat yang baru landing yang salah, tidak mendengar perintah tower (ATC), diduga karena kelelahan. Tetapi itu tidak mengganggu penerbangan yang lain, pesawat GA649 asal Ternate akhirnya di-towing keluar dari taxiway untuk menuju apron," jelas Herson.

Tabrakan berhasil dihindari karena kedua pesawat berjalan pelan. Pesawat GA 649 juga sudah ditarik mundur, sehingga semua normal kembali.


Baca artikel menarik lainnya di IDN Times App, unduh di sini http://onelink.to/s2mwkb

Baca Juga: Setelah Harley, Kini Viral Mobil Ferrari Diangkut Pesawat Garuda

Topic:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya