Comscore Tracker

Sistem Down, 3 Penerbangan Internasional di Soetta Sempat Delay

3 penerbangan itu tujuan Singapura, Hong Kong dan Narita

Kabupaten Tangerang, IDN Times - Sistem check-in Terminal 3 untuk tiga penerbangan internasional di Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta) down selama satu jam lebih, Kamis (23/8). Mendapati permasalahan itu PT Angkasa Pura (AP) II segera melakukan identifikasi.

Sistem check-in yang down itu dipastikan AP II hanya terjadi pada 3 penerbangan internasional saja, untuk penerbangan domestik dipastikan normal.

1. Sistem check-in terminal 3 down

Sistem Down, 3 Penerbangan Internasional di Soetta Sempat DelayIDN Times/Candra Irawan

Senior Manager Of Branch Communication and Legal Bandara Internasional Soetta, Febri Toga Simatupang mengatakan, sistem check-in di Terminal 3 Bandara Internasional Soetta sempat down, untuk tiga penerbangan pesawat hingga menyebabkan delay selama 1 jam.

"Kami masih dalami secara internal namun dugaan sementara penyebabnya adalah ada malfunction di switch access, 3 penerbangan itu tujuan Singapura, Hong Kong dan Narita (Jepang). Gangguan terjadi sekitar pukul 03.30 WIB dan kembali berfungsi normal pada 04.50 WIB," jelasnya kepada IDN Times.

Baca Juga: Pesawatmu Delay? Ini yang Harus Kamu Lakukan

2. Penerbangan domestik dipasikan aman

Sistem Down, 3 Penerbangan Internasional di Soetta Sempat DelayIDN Times/Candra Irawan

Febri memastikan untuk sistem check-in seluruh penerbangan rute domestik aman dan berfungsi normal, mendapati permasalahannya tersebut pihaknya segera mengidentifikasi masalah dan berkoordinasi dengan pihak terkait.

"Sehingga dalam waktu cepat kondisi kembali normal, sistem check-in seluruh penerbangan domestik aman," ujarnya.

3. AP II segera atasi sistem down

Sistem Down, 3 Penerbangan Internasional di Soetta Sempat DelayIDN Times/Candra Irawan

Febri mengatakan, Terminal 3 memiliki sistem teknologi informasi yang dapat melakukan fast recovery sebagai kontingensi apabila terdapat gangguan, sehingga gangguan sistem check-in pada 3 penerbangan dapat berfungsi normal kembali.

"Saat ini seluruh sistem check-in sudah berfungsi penuh dan secara umum penerbangan di Terminal 3 Bandara Internasional Soetta tidak terganggu, begitu juga dengan penerbangan di Terminal 1 dan 2 yang beroperasi normal," ucap Febri.

Baca Juga: Soekarno Hatta Masuk dalam Daftar Bandara dengan Delay Terbanyak

Topic:

  • Dwifantya Aquina

Just For You