Pengiriman Bantuan ke Daerah Terisolir akan Lewat Jalur Udara

Jembatan terputus dan ada 13 titik longsor

Banten, IDN Times - Pihak kepolisian mengirimkan bantuan logistik kepada korban banjir bandang dan longsor ke daerah yang terisolir di Banten akan dilakukan menggunakan helikopter.

Pengiriman dilakukan ke Kampung Muara, Desa Lebak Gedong, Kecamatan Lebak Gedong, Banten. Jalur ke daerah tersebut terputus terdampak banjir bandang dan longsor pada Rabu (1/1).

1. Jembatan terputus dan ada 13 titik longsor

Pengiriman Bantuan ke Daerah Terisolir akan Lewat Jalur UdaraIDN Times/khaerul anwar

Kapolda Banten Irjen Pol Tomsi Tohir mengatakan, meski tim evakuasi dan bantuan sudah mencapai lokasi dengan menempuh selama 3 jam ke posko pengungsian dan daerah terdampak, penyaluran bantuan logistik terganjal jembatan yang putus juga ada sekitar 13 titik longsor menuju lokasi tersebut.

"Hari ini TNI, Polri dibantu oleh Polairud kita akan mencoba untuk menerbangkan sembako ke sana, walaupun di sana tidak ada titik darat jadi hanya mengapung," kata Kapolda Banten, Sabtu (4/1).

Baca Juga: Tim SAR Temukan Satu Keluarga Meninggal Tertimbun Longsor di Lebak

2. Pengiriman dilakukan setiap hari

Pengiriman Bantuan ke Daerah Terisolir akan Lewat Jalur UdaraIDN Times/khaerul anwar

Pihaknya akan mengupayakan semaksimal mungkin setiap harinya, jika cuaca bagus bantuan akan dilakukan pengiriman dengan segera.

"Kita akan droping untuk jangka waktu yang cukup mengingat cuaca yang tidak menentu. Ada pemberitahuan BMKG belum mencapai puncak hujan, jadi apabila cuaca tidak memungkinkan di sana masih ada stok," katanya.

3. Warga akan dievakuasi jika cuaca memungkinkan

Pengiriman Bantuan ke Daerah Terisolir akan Lewat Jalur UdaraIDN Times/Khaerul Anwar

Selain pengiriman bantuan logistik, di daerah kaki Gunung Halimun dan sekitarnya, masyarakat yang terkena dampak bencana dapat dievakuasi jika situasi serta kondisi memungkinkan.

"Sekalian jarak jauh, jembatan penghubung juga putus. Heli akan di-standby-kan disini sampai kita memungkinkan stok cukup. Betul-betul kita memperhatikan kebutuhan masyarakat di sana," ujarnya.

Baca Juga: Warga yang Rumahnya Rusak Berat Banjir di Lebak Dapat Rp50 Juta

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya