Ratusan Korban Longsor Lebak Masih Bertahan di Pegunungan

Jalur ke pegunungan hanya bisa diakses jalur udara

Banten, IDN Times - Ratusan warga korban banjir bandang dan longsor di Kabupaten Lebak, Banten masih bertahan di Pegunungan Cibandung. Mereka menyelamatkan diri ke pegunungan saat bencana bencana banjir dan longsor menerjang kampung halamannya pada Rabu (1/1) lalu.

Sebanyak 300 Kepala Keluarga (KK) yang mengungsi di pegunungan tersebut merupakan warga Kampung Cigobang, Desa Banjarsari, Kecamatan Lebak Gedong, Kabupaten Lebak, Banten.

1. Kampung Cigobang terisolir karena jalan terputus

Ratusan Korban Longsor Lebak Masih Bertahan di PegununganIDN Times/khaerul anwar

Kampung Cigobang merupakan salah satu daerah yang terdampak bencana banjir bandang dan longsor paling parah di Lebak. Hampir seluruh bangunan permukiman warga dan jalan hancur tertimpa material longsor.

"Ada 300-an KK, itu ada yg masuk, ada yg keluar. Soalnya ada yang ngungsi ke Bogor, terus masih mundur maju, belum ada yg tetap," kata salah satu warga Samsudin, Senin (6/1).

Baca Juga: Medan Lumpur Sepinggang Jadi Kendala Pencarian Korban Banjir di Lebak 

2. Jalur menuju pegunungan Cibandung hanya bisa diakses cepat dengan helikopter

Ratusan Korban Longsor Lebak Masih Bertahan di PegununganIDN Times/khaerul anwar

Jalur menuju pegunungan Cibandung yang menjadi lokasi pengungsian warga Cigobang hanya bisa diakses dengan menggunakan jalur udara. Jika perjalanan darat perlu membuat jalur baru dengan menyusuri pegunungan dan medan yang curam.

Mereka tinggal di sana dengan mendirikan tenda terpal dengan secara swadaya para pengungsi. Meski demikian personel dari TNI-Polri dan relawan telah berhasil menembus daerah tersebut melalui jalur pegunungan.

"Ini tenda bikin sendiri. Dari TNI dari helikopter tadi ada lima tenda lah, yang lainnya swadaya semua," katanya.

3. Pengiriman bantuan diakses melalui jalur udara

Ratusan Korban Longsor Lebak Masih Bertahan di PegununganIDN Times/khaerul anwar

Pengiriman logistik ke wilayah tersebut dilakukan dengan menggunakan jalur udara. Itu pun baru dapat dikirim pada hari keempat pascabencana banjir bandang dan longsor yang menerjang 6 kecamatan di Lebak.

4. Warga memilih bertahan di pegunungan

Ratusan Korban Longsor Lebak Masih Bertahan di PegununganIDN Times/khaerul anwar

Sementara, petugas dari BPBD Lebak, Mahmudin mengatakan, sebagian warga enggan untuk dievakuasi karena pegunungan Cibandung lebih dekat ke kampungnya yang terisolir.

"Mereka masih ada yg bertahan alasannya motor, terus keluarganya ada yang mau, ada yang enggak, jadi masih susah. Padahal sudah dibilangin," katanya.

Baca Juga: Haru, Siswa Tetap Datang ke Sekolah yang Hancur Disapu Banjir Lebak

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya