Mau Naik Mobil Listrik ke Bandara Soetta? Nih Lokasi SPKLU

Ada dua tipe charger, fast charging dan normal charging

Tangerang, IDN Times - Mobil listrik saat ini sudah banyak wara-wiri di jalanan Indonesia, salah satunya di jalanan menuju Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang. Hal tersebut membuat kebutuhan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) meningkat.

Untuk mengakomodasi hal itu, Bandara Soetta sebagai pintu gerbang Indonesia membuat SPKLU untuk mobil listrik, baik pengguna mobil pribadi maupun taksi listrik.

"Sebagai gerakan untuk mendukung pemerintah penggunaan mobil listrik, sebagai operator bandara menyediakan SPKLU terlebih akan dijadikan green airport," ujar President Director PT Angkasa Pura II, M Awaluddin, Rabu (9/11/2022).

Baca Juga: Pengawalan Delegasi G20 di Bandara Soetta Pakai Mobil Listrik Mewah

1. Ada dua titik SPKLU yang ada di Bandara Soetta

Mau Naik Mobil Listrik ke Bandara Soetta? Nih Lokasi SPKLUIDN Times/Maya Aulia Aprilianti

Awaluddin mengatakan, saat ini terdapat dua titik SPKLU yang ada di Bandara Soetta, yakni di parkiran internasional Terminal 3 dan yang terbaru di parkiran domestik Terminal 3.

"Yang terbaru ini, dalam satu kali pengisian bisa lima mobil listrik, ada yang fast charging dan yang bukan fast charging," kata Awaluddin.

2. Pembayaran bisa dilakukan dengan cashless

Mau Naik Mobil Listrik ke Bandara Soetta? Nih Lokasi SPKLUIDN Times/Maya Aulia Aprilianti

Sementara itu, Direktur Operasi PT Angkasa Pura Solusi Muh Putra Pariadi menjelaskan, pembayaran dari SPKLU ini dilakukan secara cashless, yakni dengan menempelkan kartu pembayaran dan QRIS.

"Kita sudah support seluruh bank di Indonesia, jadi bisa menggunakan cashless apapun," jelas Putra.

Tarif pengisian, kata dia, sesuai dari PLN, yakni antara 1.630 sampai 2.440 per kWh. Di mana, terdapat dua tipe charger yakni dua fast charging dan satu normal charging.

"Untuk kapasitas, kita ada 40.000 kWh dalam sekali isi, jadi bisa lima mobil dalam sekali pengisian," tuturnya.

3. Taksi listrik bisa lebih leluasa beroperasi di Bandara Soetta

Mau Naik Mobil Listrik ke Bandara Soetta? Nih Lokasi SPKLUIDN Times/Maya Aulia Aprilianti

Sementara itu, Aris Budiarto, VP of Central Operation Blue Bird Grup mengatakan, dengan adanya SPKLU tersebut, operasional taksi listrik bakal lebih mudah dan leluasa beroperasi di Bandara Soetta.

"Sebelumnya kami mengisi daya mobil listrik di pool dan di parkir internasional Terminal 3, dengan penambahan ini tentunya akan semakin mempermudah armada kami beroperasi," kata Aris.

Baca Juga: September 2022, Bandara Soetta Jadi Bandara Tersibuk di ASEAN

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya