TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Ademnya Wisata Alam Rawa Dano di Pegunungan Lembah Hijau

Lepaskan penat di liburan kali ini ke Rawa Dano

Rawa Dano (dispar.bantenprov.go.id)

Apakah kamu sedang bosan dengan liburan yang itu-itu saja? Wah, kamu perlu mencoba datangi destinasi satu ini.

Namanya wisata alam Rawa Dano. Lokasinya ada di Kampung Panenjoan, Desa Luwuk, Kecamatan Gunung Sari, Kabupaten Serang.

1. Lokasi ini dulunya merupakan kepundan gunung berapi

Rawa Dano (https://ksmtour.com)

Awalnya, tempat ini merupakan kepundan gunung berapi, tapi kini yang sudah tidak aktif lagi. Seiring berjalannya waktu, tempat ini berubah menjadi sebuah danau dan akhirnya menjadi rawa-rawa di atas danau, demikian dikutip dari dispar.bantenprov.go.id.

Kini, Rawa Dano menjadi salah satu tujuan wisata alam yang sangat asri dan menyejukkan bagi warga sekitar dan pendatang. 

2. Nikmati juga lembah hijaunya

ilustrasi burung elang paria (unsplash.com/martinadams)

Di area wisata alam Rawa Dano terdapat lembah bukit hijau yang bisa dilihat dari Pos Terpadu, letaknya di ketinggian 300 meter di atas permukaan laut. Masyarakat sekitar menyebutnya dengan Paninjauan, yakni Kawasan Cagar Alam Rawa Danau yang berada di atas ketinggian.

Di sini kamu juga bisa menikmati pemandangan pegunungan di Kabupaten Pandeglang. Seringkali terdapat monyet hutan berkumpul dan hewan lainnya, seperti elang dan musang.

2. Rawa Dano sebagai konservasi

Rawa Dano (dispar.bantenprov.go.id)

Kawasan cagar alam di Rawa Dano mempunyai kawasan konservasi endemis dengan luas sekitar 2.500 hektare (Ha). Satu-satunya kawasan rawa pegunungan yang masih tersisa di Pulau Jawa ini.

Dengan demikian, ini merupakan destinasi terbilang lengkap karena menawarkan pemandangan danau, rawa, dan pegunungan sekaligus.

Di sisi lain, kamu juga bisa sambil belajar mengenai konservasi. Ya, Rawa Dano ditetapkan sebagai kawasan cagar alam menurut GB Nomor 60 Stbl. Peresmian dilakukan pada tanggal 16 November 1921 oleh Gubernur Jenderal Belanda.

Sampai sekarang ini Rawa Dano masih dalam pengawasan dari Konservasi Sumber Daya Alam wilayah Serang.  Hal itu untuk menjaga kelestarian alamnya meskipun dijadikan sebagai wisata alam.

4. Selain alam dan udaranya yang bersih, kamu bisa berburu durian dan hasil kebun lainnya

Ilustrasi durian (pixabay)

Cagar Alam Rawa Danau yang menyajikan banyak keindahan ini memang dijadikan sebagai wisata favorit oleh masyarakat sekitar. Selain itu kawasannya mempunyai udara yang sejuk dan segar karena masih banyak tumbuh pepohonan rindang.

Selain itu, wisatawan juga bisa menikmati durian khas mancak yang dihasilkan secara langsung dari kebun. Kamu akan disuguhkan deretan durian di sepanjang jalan dengan harga murah.

Di daerah Kecamatan Mancak menjadi sentra kelapa, durian dan melinjo. Letaknya di kawasan pegunungan membuat rakyat yang mempunyai perkebunan bisa menghasilkan seperti kopi, kelapa, cengkeh, jambu mete, dan lada.

Selain itu daerah ini juga menyediakan berbagai macam buah-buahan di antaranya mangga, pisang, jambu air, rambutan, kecapi, salak, jambu batu, nanas, kacang tanah, pepaya, singkong, ubi jalar dan lain sebagainya.

Berita Terkini Lainnya