Comscore Tracker

10 Tempat Wisata Menarik di Lebak, Jadi Favorit Wisatawan

Dari pantai, bukit, kerajinan tangan, semua ada di sini

Selain kekayaan budaya nya yang ikonik, Kabupaten Lebak di Provinsi Banten turut menyimpan pesona alam yang menarik. Gak heran, sejumlah tempt wisata di Lebak menjadi favorit wisatawan.

Lokasi tempat wisata yang tidak terlalu jauh dari ibu kota ini kerap sering dikunjungi awak masyarakat untuk menghabiskan waktu di akhir pekan. Nah, kalau kamu lagi merencanakan liburan setelah kondisi kondusif, nih 10 tempat wisata menarik di Lebak yang menjadi favorit wisatawan. 

1. Pantai Karang Bokor

10 Tempat Wisata Menarik di Lebak, Jadi Favorit WisatawanSawarna.net/Pantai Karang Bokor

Pantai Karang Bokor menempati list pertama dari tempat wisata yang menarik di Lebak. Pantai ini memiliki ciri khas yang kerap menjadi favorit wisatawan. Ketika berwisata di sini, kamu bisa merasakan sensasi nuansa keindahan pantai Karang Bokor.

Suasananya tenang, sejuk dan damai, angin selalu berhembus lembut dan memberikan kesan yang berwarna.

Lokasi: Sawarna, Bayah, Kabupaten Lebak, Banten

2. Kebun Teh Cikuya

10 Tempat Wisata Menarik di Lebak, Jadi Favorit WisatawanRedaksi21.com/Kebun Teh Cikuya

Tempat wisata yang tak kalah menarik lainnya adalah kebun teh Cikuya.

Kebun teh Cikuya memiliki luas sekitar 39 hektare.  Suasananya mirip dengan puncak wisata di Bogor. Gambar hijau tampak menakjubkan yang tidak dapat disangkal. Udaranya dingin dan berembun, tapi tetap segar.

Tempat ini cocok banget buat kamu yang mau menikmati keindahan menarik dari warna langit yang jingga bersamaan dengan hijaunya perkebunan. Hal menarik lainnya dari tempat wisata ini adalah tersedianya sebuah penginapan di ketinggiannya 1200 meter di atas permukaan laut yang membuat tempat ini tidak pernah terasa sepi pengunjung.

Lokasi: Desa Cikuya Kecamatan Cibeber, Kabupaten Lebak

3. Pantai Karang Taraje

10 Tempat Wisata Menarik di Lebak, Jadi Favorit WisatawanKSMTour.com/Karang Taraje

Wilayah Banten khususnya Lebak memang didominasi oleh dataran rendah sehingga tak heran objek wisata yang terdapat di sana adalah keragaman kekayaan bahari. Yap, lagi-lagi tempat wisata air. Kamu yang hobi main air, wajib simak!

Tempat wisata ini menjadi favorit wisatawan karena memiliki ciri khas perpaduan karangnya yang seakan berjajar dari sudut hingga ke sudut lagi. Kamu juga bisa melihat bagaimana karang-karang ini bisa mengalirkan air terjun yang cukup deras. Jika ingin lebih jelas, cobalah untuk menunggu saat air pasang membawa ombak besar.

Atraksi lain yang dapat memikat mata dan antusiasmemu adalah pemandangan matahari terbenam yang sangat eksotis yang bisa kamu lihat dari sekitar pantai. Pada malam hari kamu bisa mendirikan tenda untuk menggelar camping sederhana. So, jangan sampai lupa bawa kamera saat berkunjung ke sini, ya!

4. Pantai Tanjung Layar

10 Tempat Wisata Menarik di Lebak, Jadi Favorit WisatawanIndonesiatraveller.id/Tanjung Layar

Masih bertemakan laut, tempat wisata lebak favorit berikutnya adalah pantai Tanjung Layar. Tempat wisata ini kerap dikunjungi keluarga untuk berlibur. Pantai Lebak yang satu ini menjadi ikon wisata yang menjadi favorit wisatawan. Keunikannya adalah terumbu karang yang sangat besar, yang menjadi panorama yang tak tergantikan. Konon batu karang ini adalah layar kapal yang berubah menjadi batu. Batu karang juga dapat terlihat dari pijakan kaki yang sangat besar hingga menjapai 2 meter.

Fakta menarik lainnya, ada area luas yang tidak jauh dari pantai yang menjadi daya tarik para turis untuk membangun tenda di sini sambil menyalakan api unggun. Panorama terakhir menyajikan beberapa tempat romantis untuk fotografi. Apalagi saat hari mulai gelap, daerah ini berubah secara dramatis. Berani coba?

Lokasi: Desa Sawarna, Kecamatan Bayah, Kabupaten Lebak, Banten

5. Curug Munding

10 Tempat Wisata Menarik di Lebak, Jadi Favorit Wisatawanid.wikpedia.org/Curug Munding

Tempat Wisata di Lebak yang satu ini memiliki keunikannya tersendiri. Pengelola Curug Munding juga menawarkan cita rasa kuliner yang khas dan menunya yang beragam.

 Di sisi lain, lintasan wisata ini memiliki daya tarik yang sangat memikat karena selama perjalanan kamu dapat menikmati indahnya perkeburan karet yang menghiasi masa perjalanan kamu secara eksotis. Sisi menarik lainnya, kamu dapat melihat air kolam yang berbentuk cekungan. Pokoknya, nggak mengecewakan kesan liburanmu!

Lokasi: Desa Cicaringan, Kecamatan Gunung Kencana, Kabupaten Lebak, Banten

6. Goa Seribu Candi

10 Tempat Wisata Menarik di Lebak, Jadi Favorit WisatawanIhategreenjello.com/Goa Seribu Candi

Destinasi eksotis lain yang tersembunyi di Lebak ialah Goa Seribu Candi. Di sini kamu bakal menemukan unik, yakni patung-patung yang menarik. 

Gak hanya itu, kamu juga bisa melihat hamparan pantai yang sangat smooth dan eksotis. Tentunya destinasi itu juga menjadi salah satu favorit wisawatan yang berkunjung.

Lokasi: Desa Sawarna, Kecamatan Bayah, Kabupaten Lebak, Banten

7. Pantai Pasir Putih Sawarna

10 Tempat Wisata Menarik di Lebak, Jadi Favorit WisatawanSawarna.net/Pantai Pasir Putih Sawarna

Pantai yang satu ini juga memiliki keunikan yang sangat menarik hati wisatawan untuk berkunjung. Sisi uniknya adalah ombak yang memiliki gulungan kecil jika singgah di tepi pantai.

Pasirnya yang terhampar luas membuat para wisatawan  tertarik untuk bermain voli dan olahraga pantai lainnya. Tekstur pantai ini juga sangat halus sehingga kamu akan merasakan efek dingin ketika menginjaknya.

Lokasi: Jl. Sawarna Km. 12 No. 1, Sawarna, Kecamatan Bayah, Kabupaten Lebak

Baca Juga: Hore! Stasiun KA di Lebak Kembali Layani Naik Turun Penumpang

8. Curug Kumpay

Curug Kumpay merupakan salah satu tempat wisata menarik yang ada di Lebak. Lokasi ini dianggap sakral oleh kelompok masyarakat setempat karena kerap difungsikan sebagai tradisi dan ritual-ritual adat.

Lintasan yang tersusur juga cukup curam dan perlu kehati-hatian saat melewatinya. Akan tetapi, Curug Kumpay tetap memiliki sisi ikonik dan panorama yang mengesankan. Ketika kamu sedang melintasi area menuju tempat ini, kamu akan dimanjakan dengan pemandangan hamparan perbukitan yang hijau beserta sawah yang permai.

Lokasi: Kampung Kumpay, Kecamatan Sajira, Kabupaten Lebak, Banten

 

9. Situ Palayangan

10 Tempat Wisata Menarik di Lebak, Jadi Favorit WisatawanNkriterkini.com/Situ Palayangan

Situ Palayangan merupakan wisata danau. Ketika tiba di sini, kamu akan disuguhi dengan pemandangan alam yang sangat indah dan udara yang sejuk terutama di sekitar danau.

Meskipun difungsikan sebagai objek wisata, Situ Palayangan juga dimanfaatkan untuk irigasi persawahan di desa yang tentunya menambah citra keindahan dari panorama alamnya.

Lokasi: Desa Marga Jaya, Kecamatan Cimarga, Kabupaten Lebak, Banten.

10. Wisata Seni Batik Khas Lebak

10 Tempat Wisata Menarik di Lebak, Jadi Favorit WisatawanIhategreenjello.com/wisata seni batik

Daftar terakhir yang sekaligus paling berbeda dengan wisata-wisata yang sebelumnya, ialah pusat seni batik khas Lebak. Bagi kamu yang menyematkan diri sebagai culture-enthusiast, tempat ini adalah milikmu!

Tempat ini menawarkan berbagai macam kesenian batik yang juga telah mendapatkan hak paten nya sehingga menjaga keoriginalitas-an nya. Batik khas ini memiliki 12 motif yang terus bertambah setiap waktunya. Model dan coraknya pun sangat variatif namun tetap menampakkan identitas asli Provinsi Banten. 

Lokasi: Kecamatan Lebak, Kabupaten Lebak, Banten, Indonesia

Baca Juga: Di Balik Ritual Kawalu Suku Baduy Dalam, Doa dan Puasa untuk Indonesia

Itulah 10 daftar tempat wisata di Lebak yang menarik dan menjadi favorit wisatawan yang telah dirangkum. Semoga bisa jadi referensi kamu ketika sedang berlibur ke Labak, Banten ini ya!

Untuk saat ini sih, sebaiknya kamu di rumah dulu saja karena pemerintah masih menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat. 

Penulis:  Raisah Zakiah

Topic:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya