TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Bisa Buka Lapangan Pekerjaan Menjadi Berkah bagi Pelaku UMKM

Lina juga jadi referensi UMKM dapat modal dari BRI

IDN Times/Muhamad Iqbal

Tangerang Selatan, IDN Times - Lina Santika Rahmania menyebut, menjadi pelaku usaha yang sanggup mencukupi kebutuhan keluarga dan juga membuka lapangan pekerjaan adalah keberkahan. Pemilik usaha Sanrah Food ini pun gencar membagikan ilmunya kepada orang lain. 

Dalam mencari pekerja dan membantu Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) olahan makanan beku dan aneka sambal miliknya, Lina selalu mengutamakan orang-orang di lingkungannya, di bilangan Tangerang Selatan. 

"(Orang) yang terdampak karena suaminya pengangguran, karena COVID-19 atau sebelumnya dia gak punya pekerjaan ga punya suami dan punya anak empat. Ternyata mereka awet yah kerjanya sudah enam atau lima tahun," ungkap Lina kepada IDN Times, Rabu (24/5/2023).

Baca Juga: UMKM Tangsel Ini Cuan Puluhan Juta Rupiah dari Frozen Food

1. Pelaku UMKM bantu memperbaiki taraf hidup pekerja

IDN Times/Muhamad Iqbal

Lina sendiri merintis usaha aneka olahan makanan beku dan aneka sambal bumbu khas nusantara dengan nama brand Sanrah Food sejak 2016. Dari awalnya bisnis dia kelola sendiri, Lina kemudian merekrut tiga pekerja. "Sekarang enam (pekerja)," kata dia. 

Kini, para pekerja Sanrah Food bisa memperbaiki taraf hidup hingga menyekolahkan anak-anaknya dengan layak. "Dan ini berdampak pada pendidikan anak mereka," ungkap Lina.

2. Lina rajin menularkan ilmu melalui kelas gratis

IDN Times/Muhamad Iqbal

Selain itu, Lina juga rajin menularkan ilmunya kepada warga-warga yang membutuhkan dengan cara membuka kelas secara gratis maupun berbayar terhadap pelaku usaha atau beberapa lembaga yang meminta jasanya..

"Misalkan di kelurahan mana, itu gratis. Saya juga membuka kelas berbayar untuk pelaku usaha, dia mau belajar bayar. Saya juga mengajar ke lapas. Minimal mereka saya ajarkan bikin sambal, karena sambal kalau enak dicampur ke makanan apapun enak," kata Lina.

Baca Juga: 6 Pesona Restoran Mewah Surgana Rasa di Tangsel

Berita Terkini Lainnya