TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Sekda: Serapan Anggaran APBD Kota Tangerang 2020 Lebih dari 90 Persen

Proses laporan keuangan belum selesai

ilustrasi uang (ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah)

Kota Tangerang, IDN Times - Serapan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Tangerang 2020 lalu diklaim telah melampaui 90 persen. Hal itu diungkapkan oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Pemerintah Kota Tangerang, Herman Suwarman.

Namun, dia belum dapat menjelaskan secara kongkret soal serapan APBD tersebut. "Belum evaluasi lagi, belum begitu jelas laporannya tapi sudah di atas 90 persen," kata Herman, Rabu (13/1/2021).

Baca Juga: Awas! Maling Berkeliaran di Kawasan Kantor Wali Kota Tangerang 

1. Untuk 2021 Pemkot siapkan upaya percepat serapan anggaran

PSBB di Kota Tangerang (ANTARA FOTO/Fauzan)

Herman mengatakan Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang telah menyiapkan upaya untuk mempercepat serapan APBD di 2021. Salah satunya dengan melakukan lelang yang disegerakan.

"Pak wali (Wali Kota Tangerang, Arief Wismansyah) yang sudah instruksikan lelang segera, pengadaan supaya segera dilelang di awal tahun. Bahkan pak wali bilang di akhir Desember sekarang sudah ambil langkah untuk mempercepat penyerapan," kata dia.

2. Kegiatan akan diutamakan di awal tahun agar tak menumpuk di akhir tahun

Sejumlah Aparatur Sipil Negara (ASN) menandatangani petisi sebagai ikrar netralitas ASN pada Pilkada serentak tahun 2020 di Batam, Kepulauan Riau, Senin (19/10/2020). ANTARA FOTO/Teguh prihatna

Sehingga hal ini tidak ada pengendapan anggaran. Seperti yang terjadi di tahun sebelumnya.

"Kan kemarin (tahun 2020) ada yang dilakukan di akhir tahun jadi pak wali bilang kegiatan yang bisa dilaksanakan di awal ya di awal jangan numpuk di akhir tahun. Jangan sampai ada pengendapan di akhir tahun," ujarnya.

Baca Juga: KPK Minta PDAM Tangerang Raya Merger, Zaki dan Arief Ogah Komentar 

Berita Terkini Lainnya