TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Pemulung Dilarang Masuk TPA Rawa Kucing

Petugas masih berusaha memadamkan dan mendinginkan area TPA

Sejak Minggu pagi, 22 Oktober 2023, petugas mendinginkan area TPA Rawa Kucing usai kebakaran sejak Jumat pekan lalu. ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal

Tangerang, IDN Times - Sejak Minggu pagi, 22 Oktober 2023, petugas gabungan berusaha mendinginkan area Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Rawakucing, Tangerang usai kebakaran hebat sejak Jumat pekan lalu. Untuk itu, Pemerintah Kota Tangerang melarang semua warga, termasuk pemulung, masuk area TPA. 

“Jangan pada naik ke atas dulu, karena akan mengganggu petugas. Semua warga untuk tetap berada di lokasi pengungsian terlebih dahulu,” kata Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah, seperti dikutip dari Antara.

TPA Rawa Kucing terbakar sejak Jumat, 20 Oktober 2023 pukul 14.00 WIB. Api yang diduga muncul dari area landfill, setelah panas ekstrem. Karena angin sangat kencang, api merambat ke sampah plastik yang mudah terbakar.

Baca Juga: Kebakaran TPA Rawa Kucing Berawal di Area Landfill

1. Warga di sekitar TPA Rawa Kucing sudah dievakuasi

Petugas berusaha mendinginkan area TPA Rawa Kucing, Tangerang setelah terbakar hebat sejak Jumat, 20 Oktober lalu (ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal)

Pemkot Tangerang  mengevakuasi warga sekitar TPA Rawakucing ke tempat pengungsian karena kabut asap pekat muncul akibat kebakaran sampah.

Arief berharap, masyarakat terus mendukung upaya pemadaman hingga pemulihan pasca-kebakaran. “Kami berharap agar situasi segera pulih, masyarakat sehat dan dapat kembali ke tempat masing-masing,” katanya

Kemudian terkait kondisi warga di pengungsian, Wali Kota mengatakan hal ini dilakukan untuk memastikan warga dalam keadaan sehat dan selamat.

Baca Juga: Potret Terkini TPA Rawa Kucing Tangerang Kebakaran

2. Dinkes mengerahkan semua petugas puskesmas untuk menangani warga terdampak kebakaran TPA

IDN Times/Maya Aulia Aprilianti

Kepala Dinas Kesehatan Kota Tangerang, Dini Anggraeni mengatakan seluruh warga yang dievakuasi dampak kebakaran TPA Rawa Kucing tertangani. Untuk upaya ini, Dinkes Tangerang telah mengerahkan seluruh tenaga kesehatan dari 39 puskesmas yang ada di Kota Tangerang. 

"Sistemnya, nanti nakes dari dua puskesmas akan datang ke tempat evakuasi untuk berjaga dan memeriksa seluruh warga. Mereka akan bergantian per delapan jam untuk tiga shift. Sehingga, pelayanan puskesmas masih tetap berjalan seperti biasa dan nakes masih dapat beristirahat," ujarnya.

Baca Juga: Warga Sekitar TPA Rawa Kucing Keluhkan Asap Kebakaran

Berita Terkini Lainnya