TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Al Muktabar Rahasiakan Usulan Nama Calon Pj Wali Kota Serang

Alamat bakal diisi oleh pejabat Kemendagri lagi?

Gubernur Banten, Al Muktabar. (Dok. Bank Banten)

Serang, IDN Times - Penjabat (Pj) Gubernur Banten, Al Muktabar, enggan terbuka terkait nama-nama kandidat Pj Wali Kota Serang yang telah diusulkan oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Bahkan saat ditanya soal isu nama yang beredar diusulkan ke Kemendagri, seperti Karo Pemerintahan dan Kesra Setda Banten, Gunawan Rusminto. Kemudian Kepala Dispora, Ahmad Syaukani; dan Sekretaris DPRD, Deden Apriandhi, Al Muktabar hanya merespon santai pertanyaan wartawan.

Diketahui, Pemprov Banten memiliki kewenangan untuk mengusulkan tiga nama yang menjadi kandidat calon Pj bupati dan wali kota.

"Saya ikut saja siapa yang diusulkan. Nanti kita lihat perkembangannya," kata Al Muktabar, Sabtu (11/11/2023).

1. Bakal kembali dijabat pejabat Kemendagri, simak komentar Al Muktabar

IDN Times/Khaerul Anwar

Saat disinggung apakah Pj kepala daerah di Banten akan kembali diisi oleh pejabat Kemendagri, Al Muktabar mengaku akan menerima siapa pun yang menjadi Pj Wali Kota Serang.

"Itu (Pj Walikota Serang) ditentukan di pusat, kita menerima apa yang menjadi penetapan karena itu prerogratif pusat," katanya.

2. Karo pemerintahan tak berani mengumumkan nama yang diusulkan

Ilustrasi calon kepala daerah jelang pemilihan kepala daerah (pilkada) (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Begitu pula dengan Karo Pemerintahan Provinsi Banten, Gunawan Rusminto, saat dikonfirmasi hal itu mengaku tidak berani mengumumkan nama pejabat yang diusulkan Pemprov Banten untuk calon Pj Wali Kota Serang.

"Itu kewenangan di pimpinan. Saya belum berani menyampaikannya," katanya.

Berita Terkini Lainnya