TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Helikopter Water Bombing Bantu Padamkan Api di TPA Rawa Kucing

Sekali angkut, 1.500 liter air disiramkan ke titik api

IDN Times/Maya Aulia Aprilianti

Tangerang, IDN Times - Helikopter water bombing dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) diterjunkan hari ini Senin (23/10/2023), untuk memadamkan sisa kebakaran di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Rawa Kucing, Kota Tangerang. Api masih saja terlihat di gunungan sampah yang sulit dijangkau melalui petugas darat.

"Penanganan Rawa Kucing dilaksanakan baik melalui udara maupun darat, melalui udara ditindaklanjuti bersama tim dari BNPB," ujar Sekretaris Daerah Kota Tangerang, Herman Suwarman.

Baca Juga: Hari ke-3, Kepulan Asap di TPA Rawa Kucing Masih Terlihat

Baca Juga: Pemulung Dilarang Masuk TPA Rawa Kucing

1. Helikopter mampu membawa air 1.500 liter dalam sekali angkut

IDN Times/Maya Aulia Aprilianti

Pantauan IDN Times di lokasi, helikopter tersebut mulai mengangkut air pada pukul 7.29 WIB. Di mana, lokasi pengambilan air berada dekat dengan lokasi kebakaran.

Helikopter water bombing tersebut mampu mengangkut air sebanyak 1.500 liter per sekali angkut. Di mana, dalam satu sesi helikopter bakal berlangsung selama 2,5 jam.

"Kita hari ini mentargetkan sesuai dengan BNPB 3 shift. Pagi siang 2 shift dan setiap shift ada istirahat dan sore 1 shift. Karena kita masih uji coba jadi kita belum bisa memprediksi pelaksanaan penanganan di malam hari," kata Herman.

2. Helikopter water bombing difokuskan untuk titik api yang masih menyala

IDN Times/Maya Aulia Aprilianti

Helikopter water bombing tersebut, bakal menyiramkan api di gunungan sampah yang terdapat titik api, terutama yang sulit dijangkau oleh petugas pemadam dari darat.

"Api memang sudah mulai reda, tapi tetap masih ada di beberapa titik, dideteksi tim BNPB dan Manggala Agni sehingga titik menimbulkan api itu yang menjadi sasaran penanganan," jelasnya.

Baca Juga: Pemkot Tangerang Tambah Lokasi Pengungsian TPA Rawa Kucing

Verified Writer

Maya Aulia Aprilianti

Trying to Love My Life

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Berita Terkini Lainnya