TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Hari ke-3, Kepulan Asap di TPA Rawa Kucing Masih Terlihat

500 lebih personel masih berjibaku padamkan api

Dok. Pemkot Tangerang

Kota Tangerang, IDN Times - Kebakaran yang melanda Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Rawa Kucing, Kecamatan Neglasari, Kota Tangerang, telah memasuki hari ketiga, Minggu (22/10/2023).

Ratusan petugas yang dikerahkan saat ini dibagi kebeberapa titik, untuk dilakukan pengerukan gunungan sampah menggunakan alat berat DPUPR Kota Tangerang. Tindakan ini diiringi oleh penyemprotan air, yang dilakukan BPBD Kota Tangerang beserta jajaran personel gabungan lainnya.

Kepala BPBD Kota Tangerang, Maryono Hasan, mengungkapkan seluruh personel hingga saat ini masih berupaya melakukan percepatan pemadaman yang lebih maksimal, hingga ke dalam gunungan sampah.

"Minggu pagi ini api memang sudah tak terlihat di permukaan gunungan sampah TPA. Tapi, titik asap yang keluar masih cukup banyak, maka terindikasi potensi api masih ada di dalam tumpukan sampah. Inilah yang gencar kita taklukkan, semoga cuaca hari ini bisa mendukung," kata Maryono.

Baca Juga: Pemkot Tangerang Tambah Lokasi Pengungsian TPA Rawa Kucing

1. Personel bantuan datang dari Tangsel, Kabupaten Tangerang hingga Jakarta

Dok. Pemkot Tangerang

Maryono mengatakan, saat ini masih terdapat 534 personel yang dikerahkan secara berkala. Mereka dari BPBD, DPUPR, DLH, Bidang Pertamanan, Satpol PP, Dinkes, Dishub, hingga Perumda Tirta Benteng Kota Tangerang. Dengan perbantuan Pemadam DKI Jakarta, Kabupaten Tangerang, Kota Tangsel dan Provinsi Banten.

"Secara kendala pastinya ialah luasan area, medan atau pijakan yang mudah amblas, dan asap yang mengepul. Tapi seluruh petugas akan lakukan yang terbaik. Insyaallah untuk hari ketiga ini kita semua optimis akan ada progres penanganan yang signifikan," kata dia.

2. Ratusan warga mengungsi akibat kejadian ini

Dok. Pemkot Tangerang

Sebagai informasi, ratusan warga sekitar TPA Rawa Kucing telah dievakuasi, sejak Sabtu (21/10/2023) siang. Posko pengungsian disebar di GOR Neglasari, Aula Kecamatan Neglasari, dan Kantor Dinsos Kota Tangerang.

Sederet bantuan pun terpantau terus berdatangan, mulai dari makanan berat, camilan, hingga kebutuhan warga selama di pengungsian. Bantuan ini diberikan oleh jajaran OPD, umum, relawan, dan banyak pihak lainnya.

Berita Terkini Lainnya