Bendungan Sindang Heula Jadi Penyebab Banjir di Kota Serang 

Ada kelebihan kapasitas, bendungan ini tak bisa menampung

Serang, IDN Times - Bendungan Sindang Heula di Kabupaten Serang disebut menjadi penyebab banjir besar di Kota Serang. Bendungan itu tidak dapat menampung air saat hujan turun dengan intensitas tinggi.

"Waduk Sindang Heula sudah tidak bisa menampung debit air, ada kemungkinan jebol. Sebab, tidak pernah terjadi banjir Kota Serang seperti ini (parah)," kata Wali Kota Serang Syafrudin, Rabu (2/3/2022).

Bendungan ini diresmikan Presiden Joko Widodo pada 4 Maret 2021. Saat peresmiannya,  Jokowi menyebut, Bendungan Sindang Heula bisa bermanfaat, salah satunya mengatasi permasalahan banjir di Provinsi Banten, khususnya di Kabupaten Serang dan sekitarnya.

Baca Juga: Manfaat Bendungan Sindang Heula untuk Masyarakat Banten

1. Terjadi kelebihan kapasitas, Bendungan Sindang Heula tak bisa menampung sekitar 2 juta m3 air

Bendungan Sindang Heula Jadi Penyebab Banjir di Kota Serang 

Menanggapi hal tersebut, Kepala Balai Besar Wilayah Sungai Cidanau, Ciujung, Cidurian (BBWSC3), I Ketut Jayada mengatakan, pada Selasa (1/3/2022) terjadi curah cukup tinggi dengan durasinya panjang 243 milimeter. Hal itu menimbulkan dampak kiriman besar di hilirnya sehingga terjadi over kapasitas di Bendungan Sindang Heula.

Sementara, daya tampung bendungan itu hanya 9 juta meter kubik (m3). Dari hasil perhitungan debit yang diterima sekitar di Sindang Heula mencapai 11 juta m3, sehingga 2 juta m3 sisanya mengalir ke hulu Sungai Cibanten, sebelum mengalir ke laut.

"Ada kelebihan yang memang harus mengalir ke laut secara alamiah, bukan kami sengaja, memang bisanya dia mengalir ke sungai," kata Ketut.

Baca Juga: Ada 22 Titik Banjir di Serang, Wali Kota: Pertama Kali Banjir 5 Meter 

2. Jika ada kelebihan akan mengalir ke wilayah hulu di Kota Serang

Bendungan Sindang Heula Jadi Penyebab Banjir di Kota Serang IDN Times/Khaerul Anwar

Menurutnya, jadi prinsip bendungan hanya menyambung air, ya hulunya itu di sungai-sungai tersebut, ketika kapasitas penuh secara otomatis akan mengalir dengan sendirinya.

"Tidak ada dibuang menjadi aliran alami ke sungai, namun demikian, ada 9 juta kita tampung.  Kita tidak terbayang kalau itu teralirkan," katanya.

3. Harus ada penataan di wilayah hilir Sungai Cibanten

Bendungan Sindang Heula Jadi Penyebab Banjir di Kota Serang Dok. Istimewa/Fauzi

Dia mengatakan, harus ada pembenahan di wilayah hilir yang ada di daerah Ciomas agar badan sungai ini utuh dan siap menampung ketika ada curah hujan yang tinggi, terutama penataan dan penertiban di bantaran Sungai Cibanten yang dipenuhi bangunan.

"Jadi sungai itu menyempit sehingga itu mengakibatkan banjir sehingga kapasitas yang dialirkan di sini tidak mampu dialirkan oleh badan sungai," katanya.

Baca Juga: Banjir Kota Serang, 5 Orang Meninggal dan 3.500 Warga Mengungsi

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya