Comscore Tracker

Cikolelet di Banten, Desa Terbaik di Indonesia 2021

Desa ini punya objek wisata dan seni budaya tradisional

Serang, IDN Times - Desa Cikolelet merupakan salah satu desa wisata di Kabupaten Serang, Banten. Desa yang menjadi penunjang wisata Pantai Anyer-Cinangka baru-baru ini telah dalam Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021.

Dua trofi langsung diraih oleh desa yang terletak di Kecamatan Cinangka, Kabupaten Serang ini. Lantas seperti apa sih desa yang didapuk sebagai desa terbaik di Indonesia tersebut. Berikut yang bisa dihimpun IDN Times.

Baca Juga: 50 Desa Wisata Terbaik se-Indonesia, Juara 1 Cikolelet di Banten 

1. Desa di Serang ini memang dianugrahi alam yang indah

Cikolelet di Banten, Desa Terbaik di Indonesia 2021Dok. Istimewa/Anne

Desa wisata Cikolelet berada sekitar 141 kilometer dari Jakarta atau sekitar 45 kilometer dari pusat Kota Serang. Untuk sampai ke desa ini, kamu bisa menggunakan kendaraan roda empat maupun dua untuk sampai di lokasi.

Desa wisata Cikolelet memiliki anugerah berupa kontur alam yang indah, serta kekayaan seni budaya dan ekonomi kreatif. Keindahan tersebut membuat siapa saja yang datang akan merasa dimanjakan oleh pesonanya.

2. Budaya dan kesenian tradisional

Cikolelet di Banten, Desa Terbaik di Indonesia 2021Dok. Istimewa/Anne

Ketua Pengelola Desa Wisata Cikolelet Ojat Darojat mengatakan, Cikolelet memiliki banyak potensi yang bisa dikembangkan sebagai desa wisata. Salah satunya, tradisi budaya.

Di Cikolelet terdapat banyak tradisi budaya, seperti pawai budaya, Ngagurah Dano, tradisi prahprahan, ngayun atau marhaban, bertutur atau mamaca, nukuh dan ngiring panganten serta moro atau berburu binatang hama tanaman.

"Lalu kesenian tradisional. Dimana terdapat banyak kesenian yang dimiliki Desa Cikolelet. Diantaranya Seni Calung, Kendang Pencak Silat, Seni Rudat, Rampak Qasidah, Qasidah dan Marawis," kata Ojat Saat dikonfirmasi, Kamis (9/12/2021).

3. Terdapat banyak objek wisata dan kuliner yang khas

Cikolelet di Banten, Desa Terbaik di Indonesia 2021Dok. Istimewa/Faldi

Selain itu di Cikolelet terdapat obyek wisata alam dan buatan. Diantaranya Kampung Ekraf atau Kampung Kopi, Puncak Cibaja, Puncak Pilar, Air Terjun Curug Lawang, Air Terjun Curug Kembar, Jembatan Pelangi Ciraab dan jalur atau track sepeda gunung dan motor trail.

Kemudian ekraf dan kuliner. Di Desa Cikolelet terdapat produksi susu kambing etawa, budidaya telur puyuh, budidaya jamur tiram, pembuatan emping melinjo, produksi kopi lokal atau robusta karuhun.

"Penyulingan minyak sereh, pengrajin relief taman dan pot, makanan ceplis, dendeng ikan lele dan limbat, hingga makanan olahan dari jamur tiram," katanya.

Baca Juga: Tarif Tol Serang-Rangkasbitung Resmi Berlaku Hari Ini  

Nah, apakah kamu tertarik berkunjung ke Desa Cikolelet? 

Topic:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya