Demokrat Pertimbangkan Buat Poros Baru di Pilgub Banten

Ada tiga partai politik yang belum tentukan sikap

Serang, IDN Times - Partai Demokrat mempertimbangkan untuk membuat poros baru di kontestasi Pemilihan Gubernur (Pilgub) Banten 2024. Hingga saat ini, partai berlambang mercy tersebut belum menentukan sikap politiknya.

Diketahui, sudah ada dua poros koalisi menjelang Pilkada Banten, pertama Koalisi Banten Maju terdiri Partai Gerindra, PKS, PAN, Nasdem, dan PSI yang mendukung Andra Soni dan Dimyati Natakusumah. Kemudian, poros kedua yakni Partai Golkar yang mengusung Airin Rachmi Diany.

Baca Juga: Pria di Serang Perkosa Anak Tiri Selama 3 Tahun 

1. Demokrat pertimbangkan buat poros baru di Pilgub Banten

Demokrat Pertimbangkan Buat Poros Baru di Pilgub BantenIDN Times/Khaerul Anwar

Sekretaris DPD Demokrat Provinsi Banten Eko Susilo mengatakan, tidak menutup kemungkinan, justru partai besutan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) itu tidak memilih bergabung dengan dua kubu tersebut dan berpotensi membuat poros baru.

Mengingat, lanjut dia, masih ada tiga partai politik yang juga belum menentukan sikap politiknya. Ketiga partai tersebut, PDIP, PPP, dan PKB.

"Demokrat masih belum menentukan sikap, bisa saja kami buat koalisi baru dengan PDIP atau partai lain," kata Eko kepada wartawan, Rabu (3/7/2024).

2. Demokrat mengajak PDIP membuat koalisi baru

Demokrat Pertimbangkan Buat Poros Baru di Pilgub BantenIlustrasi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Eko menyampaikan, Partai Demokrat mengantongi 11 kursi di DPRD Banten sehingga hanya membutuhkan 9 kursi lagi untuk dapat mengusung Calon Gubernur dan Calon Wakil Gubernur Banten. Jika terjadi berkoalisi dengan PDIP perolehan kursi dua partai itu telah melebihi 20 kursi yang jadi syarat pencalonan.

Ada dua nama kader Demokrat yang masuk bursa di Pilgub Banten. Keduanya yakni mantan Bupati Lebak Iti Octavia Jayabay dan mantan Wali Kota Tangerang Arief Wismansyah.

"Bisa aja kan Rano-Iti atau Iti-Rano, bahkan Rano-Arif itu masih mungkin," katanya.

3. Rekomendasi calon dari Demokrat bakal turun di Juli ini

Demokrat Pertimbangkan Buat Poros Baru di Pilgub BantenIlustrasi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Kendati demikian, pria yang menjabat sebagai ketua Satgas Pilkada Partai Demokrat Banten itu menuturkan, pihaknya masih menjalin komunikasi politik dengan partai lain dan berkordinasi dengan DPP Demokrat. Namun, ia memastikan surat rekomendasi Partai Demokrat sudah turun bulan Juli ini. 

Tak hanya untuk Pilgub Banten namun juga untuk pilkada kabupaten/kota lainnya di Banten. "Semoga Juli ini sudah ada (rekomendasi DPP), Insya Allah," katanya.

Baca Juga: BPS: Penduduk Miskin di Banten Capai 791 Ribu Orang 

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya