Golkar Raih Suara Tertinggi di Banten, Diikuiti Gerindra dan PDIP

Golkar berpotensi rebut kursi ketua DPRD Banten

Serang, IDN Times - Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menetapkan hasil rekapitulasi perolehan suara Pemilu 2024 untuk DPRD Provinsi Banten yang memiliki 12 daerah pemilihan (dapil). Hasil pemilu legislatif, Partai Golkar unggul dengan perolehan suara 933.670.

Menyusul setelahnya, Gerindra dengan perolehan 886.432 suara dan PDI Perjuangan dengan perolehan 853.565 suara.

Baca Juga: Raih 318.356 Suara, PKB Juara di Dapil Banten I

1. Urutan posisi partai keempat dan seterusnya

Golkar Raih Suara Tertinggi di Banten, Diikuiti Gerindra dan PDIPIDN Times/Khaerul Anwar

Posisi keempat hingga terakhir secara berurutan yaitu, PKS, Demokrat, PKB, Nasdem, PAN, PPP, PSI, Perindo, Partai Buruh, PBB, Gelora, Partai Umat, Hanura, Garuda dan PKN

Data daftar pemilih tetap (DPT) di Banten mencapai 8.842.646, sementara jumlah suara sah partai politik sebanyak 6.454.416 suara.

2. Golkar mengklaim jadi pemenang pemilu dan kantongi 14 kursi DPRD Banten

Golkar Raih Suara Tertinggi di Banten, Diikuiti Gerindra dan PDIPIDN Times/Istimewa

Sekretaris DPD Golkar Banten Bahrul Ulum mengklaim, partainya telah menjadi pemenang dalam Pemilu 2024. Partai berlambang pohon beringin ini berhasil mengamankan 14 kursi DPRD Banten.

"Alhamdulillah Golkar jadi pemenangan di delapan kabupaten kota dan provinsi, walaupun hasilnya tidak sesuai dengan harapan," katanya.

3. Golkar mengklaim geser Gerindra dari kursi Ketua DPRD Banten

Golkar Raih Suara Tertinggi di Banten, Diikuiti Gerindra dan PDIPKampanye Golkar di Bekasi. (IDN Times/Imam Faishal)

Dengan perolehan tersebut, Bahrul menyebut partainya bakal menggeser kursi Ketua DPRD Banten dari tangan Gerindra. Meski secara kursi, perolehannya sama dengan Gerindra masing-masing 14 kursi, namun ia mengaku perolehan suara partainya lebih banyak dibanding Gerindra.

"Jadi secara UU MD 3 kami adalah pemegang kursi DPRD Banten," katanya.

Terdapat kenaikan perolehan kursi Golkar di DPRD Banten. Bahrul menuturkan, Golkar pada Pemilu 2024 ini berhasil mengamankan 14 kursi untuk DPRD Banten. Jumlah itu bertambah 3 kursi dari sebelumnya 11 kursi

"Semua dapil memperoleh kursi, dengan perolehan kursi ganda dua kursi berada di Kabupaten Serang A, dan juga kota Tangerang Selatan," katanya.

Baca Juga: Prabowo-Gibran Jawara di Banten, Ganjar-Mahfud Kalah Telak

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya