KPU Ungkap Penggelembungan Suara Caleg Golkar untuk DPRD Kota Serang

Ini terungkap saat hitung ulang, jumlah suara gak sesuai

Serang, IDN Times - Upaya penggelembungan perolehan suara terjadi di sejumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) Kelurahan Kemanisan, Kecamatan Kota Serang.

Penggelembungan terhadap salah satu caleg DPRD Kota Serang Partai Golkar berinisial AS, diduga terjadi saat penghitungan suara usai hari pencoblosan yang digelar pada Rabu (14/2/2024).

Baca Juga: Dishub Banten Sediakan 1.710 Tiket Mudik Gratis, Ini Cara Daftarnya

1. Setelah petugas PPK menghitung ulang, perolehan suara Caleg AS ternyata tak sesuai dengan data penghitungan di TPS

KPU Ungkap Penggelembungan Suara Caleg Golkar untuk DPRD Kota SerangPSU di TPS 006 Kelurahan Rajabasa Jaya, Rajabasa, Bandar Lampung, Sabtu (24/2/2024). (IDN Times/Tama Yudha Wiguna).

Penggelembungan suara itu terungkap setelah Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) menghitung ulang dan data suara AS tidak sesuai dengan angka penghitungan di TPS. Penghitungan ulang itu sendiri dilakukan sejak Selasa, 27 Februari lalu. Sementara, surat suara yang dihitung ulang berasal dari 7 TPS di Kelurahan Kemanisan.

Anggota KPU Kota Serang, Iip Patrudin menjelaskan, petugas sudah rampung menghitung ulang suara di 6 TPS dan menemukan ketidaksesuaian data itu. Menurut Iip, ada ketidaksesuian jumlah suara antar sesama caleg internal partai Golkar. 

"Ditemukan ada pencurian suara juga bukan sesama partai golkar, tapi ada juga dari suara partai lain tersebar di 18 parpol DPRD Kota Serang," kata Iip, Rabu (28/2/2024).

2. Ini daftar 7 TPS yang surat suaranya dihitung ulang

KPU Ungkap Penggelembungan Suara Caleg Golkar untuk DPRD Kota SerangPelaksanaan PSU di TPS 37 Kelurahan Mojolangu. (IDN Times/Rizal Adhi Pratama)

Ketujuh TPS yang dilakukan penghitungan ulang tersebut, yakni TPS 1 sampai dengan 6 dan TPS 18 Kemanisan.

Iip mengatakan, hingga Rabu sore, baru enam TPS yang sudah rampung dihitung ulang. 

"Nah sekarang yang rekomendasi (hitung ulang) tinggal satu TPS lagi, yaitu TPS 18, permintaan saksi parpol dihitungnya sesuai berjenjang berurut," kata Iip saat dikonfirmasi, Rabu (28/2/2024).

3. Ini suara AS sebelumnya dan sesudah dihitung ulang

KPU Ungkap Penggelembungan Suara Caleg Golkar untuk DPRD Kota SerangSuasana pemungutan suara di salah satu TPS di Pulau Rempang (IDN Times/Putra Gema Pamungkas)

Dari data hasil penghitungan yang didapatkan IDN Times di 5 TPS Kelurahan Kemanisan, upaya penggelembungan suara itu telah menguntungkan caleg AS. 

Suara AS pada saat penghitungan 14 Februari 2024 di TPS 01 yakni 229 suara, namun setelah dihitung ulang hanya 130 suara.

Di TPS 02 suara Ade sebelumnya 274, setelah dihitung ulang cuma 200 suara.

Di TPS 03 suara Ade sebelumnya 275, setelah dihitung ulang cuma dapat 221 suara.

Di TPS 04 suara Ade sebelumnya 155, seteleh dihutung ulang cuma 133 suara.

Di TPS 05 suara Ade sebelumnya 175, setelah dilakukan penghitungan ulang hanya mendapatkan 123 suara.

Namun, untuk dua TPS lagi, yakni TPS 06 dan 18, belum diketahui berapa jumlah suara yang digelembungkan untuk AS

Baca Juga: 1.619 warga Banten Menderita DBD, 8 Orang Meninggal Dunia 

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya