Comscore Tracker

Masker Mahal, Komunitas Kreatif Banten Bagi-bagi Masker Merah Putih

3.000 masker merah putih dibagikan gratis

Kota Serang, IDN Times – Untuk "melawan" harga masker yang sangat mahal saat pandemi virus corona atau COVID-19 saat ini, sebuah komunitas industri kreatif di Banten bersama sejumlah jurnalis membagi-bagikan ribuan masker merah-putih. Masker itu dibagikan secara gratis kepada pengguna jalan di Kota Serang.

Para pedagang, tukang ojek pangkalan dan ojek berbasis aplikasi serta sopir angkot juga diberi masker secara cuma-cuma, Kamis (16/4).

Baca Juga: [LINIMASA] Wabah COVID-19 Hantui Warga Banten

1. Sebanyak 3.000 masker merah putih dibagikan

Masker Mahal, Komunitas Kreatif Banten Bagi-bagi Masker Merah PutihIDN Timse/Khaerul Anwar

Kordinator Banten Kreatif Festival Koyong mengatakan, pembagian masker gratis ini diberikan kepada masyarakat yang membutuhkan yang melintas di jalan raya di Kota Serang. Sasaran utama pembagian masker ini adalah mereka yang belum mengenakan masker.

Menurutnya, masker merah-putih adalah simbol bahwa Banten secara khusus dan Indonesia secara umum saat ini sedang berjuang melawan virus corona, SARS-CoV-2. Ia percaya Indonesia akan berhasil melawan virus corona.

“Ada 3.000 masker merah-putih yang kami bagikan,” kata Koyong, Kamis (16/4).

2. Sebanyak 50 paket sembako juga dibagi-bagikan

Masker Mahal, Komunitas Kreatif Banten Bagi-bagi Masker Merah PutihPembagian paket sembako di Tangerang (Dok. Kemensos)

Selain masker, sebelumnya juga ada pembagian sembako sebanyak 50 paket yang disebar ke daerah Kota Serang dan Kabupaten Serang untuk orang-orang yang terdampak COVID-19. Uang yang digunakan dalam aksi ini didapatkan dari donasi masyarakat Banten yang berhasil dikumpulkan selama tiga pekan ke belakang.

“Kami ingin memberikan pesan bahwa COVID-19 bisa kita hilangkan dengan bersama-sama,” katanya.

3. Pembagian dilakukan di tiga lokasi

Masker Mahal, Komunitas Kreatif Banten Bagi-bagi Masker Merah PutihIDN Times/Khaerul Anwar

Ada tiga titik lokasi pembagian masker merah-putih putih di Kota Serang, yaitu di depan Serang Mal (Ramayana) di Jalan Veteran, di Pisang Mas di Jalan Veteran, dan simpang Ciceri (Jalan Sudirman-Ahmad Yani).

Proses pembagian masker ini juga dibantu aparat polisi. Sejumlah pengendara yang tidak mengenakan masker diminta berhenti untuk diberikan masker merah-putih.

Sejauh ini, Kota Serang belum mengajukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). 

Baca Juga: Ada 2 Kasus COVID-19, Wali Kota Serang: Belum Waktunya Terapkan PSBB

Topic:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya