Partisipasi Lansia Ikut Vaksinasi di Serang Minim, Baru 11 Persen

Baru 2.600 dari total 23 ribu lansia yang ikut vaksinasi

Serang, IDN Times - Jumlah warga lanjut usia (lansia) di Kota Serang, Banten, yang mengikuti program vaksinasi mencapai 2.600 orang. Angka itu dipastikan sangat kecil mengingat target yang tercatat di Dinas Kesehatan (Dinkes) Serang mencapai 23.000 lansia.

Untuk diketahui, program vaksinasi lansia di ibukota Provinsi Banten sudah dimulai sejak 1 Maret 2021 lalu.

1. Lansia tidak datang ke faskes meski sudah terjadwal

Partisipasi Lansia Ikut Vaksinasi di Serang Minim, Baru 11 PersenSejumlah warga lanjut usia (lansia) mendaftarkan diri untuk mendapatkan vaksinasi COVID-19 di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dumai, Dumai, Riau, Senin (29/3/2021). Sebanyak 159 orang lansia dari target 30.000 lansia di Dumai sudah mendapatkan vaksinasi COVID-19. (ANTARA FOTO/Aswaddy HamId)

Kepala Dinkes Kota Serang, M Ikbal mengakui, partisipasi lansia untuk vaksinasi di wilayahnya masih rendah. Sudah hampir berjalan 1,5 bulan, tingkat partisipasi masih anjlok baru menyentuh 11,8 persen. Para lansia tidak datang ke faskes meski sudah mendapat jadwal vaksinasi.

"Jadi kita masih relatif kecil. Makanya kita minta Surat Edaran ke Pak Sekda, Camat, Lurah untuk menggerakkan sasaran. Petugas kita sudah siap, tinggal sasarannya aja yang datang," kata Ikbal saat dikonfirmasi, Selasa (13/4/2021).

Baca Juga: Ramadan, Pemkot Tangerang Tetap Laksanakan Vaksinasi 

2. Bangun posko tiap RW, vaksinator bakal langsung ke rumah sasaran

Partisipasi Lansia Ikut Vaksinasi di Serang Minim, Baru 11 PersenPetugas kesehatan bersiap menyuntikkan vaksin COVID-19 untuk warga lanjut usia (lansia) yang berusia 104 tahun di RS Vania, Kota Bogor, Jawa Barat, Selasa (23/3/2021). ANTARA FOTO/Arif Firmansyah

Ikbal menjelaskan, pihaknya sudah berusaha meningkatkan partisipasi vaksinasi lansia dengan mendatangi tiap RW. Petugas membentuk posko vaksinasi hingga vaksinator diterjunkan kepada warga yang tidak datang saat jadwal yang ditentukan.

"Sosialisasi sudah jalan, kadang-kadang kan orang tua kurang dukungan (informasi dari keluarga)," katanya.

3. Mendapat teguran dari Gubernur Banten

Partisipasi Lansia Ikut Vaksinasi di Serang Minim, Baru 11 PersenIlustrasi vaksinasi COVID-19 bagi lansia. ANTARA FOTO/Arif Firmansyah

Kepala Dinkes Banten, Ati Pramudji Hastuti mengatakan, Kota Serang merupakan daerah yang paling rendah tingkat partisipasi vaksinasi lansia. Ati mengungkapkan, Gubernur Banten Wahidin Halim langsung bersurat berisi teguran kepada Pemkot Serang atas kondisi tersebut.

"Mungkin mereka masih takut vaksin atau mungkin juga sosialisasi kurang gencar di Kota Serang," katanya.

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya