Ruang ICU RS Rujukan COVID-19 Banten Penuh, Pasien Antre di IGD 

Padahal rata-rata pasien butuh ICU karena bergejala

Serang, IDN Times - Ruang Intensive Care Unit (ICU) di Rumah Sakit pusat rujukan COVID-19 RSU Banten telah terisi penuh, menyusul ada lonjakan kasus COVID-19, beberapa hari terakhir ini.

Ida (nama samaran), salah satu pegawai RSUD khusus penanganan pasien corona mengatakan, bahwa ruang ICU di tempatnya penuh, bahkan pasien positif dan probable dari ruang instalasi gawat darurat (IGD) pun saat ini tengah menunggu antrean sejak kemarin.

"Karena rata-rata pasiennya butuh ICU sedang ICU dan HCU sudah full jadi mau gak mau ditampung di IGD dulu," katanya saat dikonfirmasi, Selasa (22/6/2021).

Baca Juga: Kasus COVID-19 Melonjak, Wali Kota: Utamakan Pasien Serang Dulu

1. Pasien menunggu antrean dipindah ke ruang inap

Ruang ICU RS Rujukan COVID-19 Banten Penuh, Pasien Antre di IGD Ilustrasi personel Satgas Mobile COVID-19 memeriksa kondisi pasien diduga terjangkit virus Corona (COVID-19) di ruang isolasi Rumah Sakit (ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah)

Kendati demikian, dia menyampaikan untuk ruang rawat inap atau ruang isolasi masih bisa menampung, namun mulai menipis sudah menyentuh di atas 80 persen. Karena ada penumpukan, pasien positif yang baru masuk sementara dirawat di ruang IGD.

"Gak ada yang diprioritaskan karena semuanya masuk dengan gejala," katanya.

2. Sulit cari nakes jika tambah kapasitas untuk pasien COVID-19

Ruang ICU RS Rujukan COVID-19 Banten Penuh, Pasien Antre di IGD Gubernur Banten, Wahidin Halim (ANTARA FOTO/Fauzan)

Saat dikonfirmasi hal tersebut, Gubernur Banten Wahidin Halim mengatakan, pihaknya masih terkendala jika menambah kapasitas tempat tidur atau kembali membuka rumah sakit khusus pasien COVID-19 karena sulitnya mencari tenaga kesehatan.

"Rumah sakit penuh perlu tambahan kita pikirin lagi siapa yang melayani karena mereka sedang konsentrasi rs maaing masing mana obatnya ini juga problem," katanya.

Baca Juga: Ruang Kelas SMPN 27 dan 30 Dijadikan Tempat Isolasi Pasien COVID-19

3. Jumlah penambahan kasus baru harian meningkat signifikan

Ruang ICU RS Rujukan COVID-19 Banten Penuh, Pasien Antre di IGD Ilustrasi pasien yang dinyatakan sembuh dari COVID-19. ANTARA FOTO/Ampelsa

Berdasarkan data Dinas Kesehatan Provinsi Banten per 21 Juni 2021, ada penambahan signifikan pada jumlah kasus baru harian, yakni hingga 476 orang.

Penambahan ini hampir dua kali lipat jika dibandingkan data di hari sebelumnya. Pada 20 Juni, ada 253 kasus baru COVID-19 di Banten.

Peningkatan juga terlihat pada angka kematian pasien COVID-19. Pada 20 Juni, ada 6 kasus kematian. Sementara di data 21 Juni, angka melesat menjadi 14 kasus kematian. 

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya