Santri dan Mahasiswa di Serang Dukung Hak Angket Kecurangan Pemilu 

Mereka menyatakan sikap dan teken petisi cap jempol darah

Serang, IDN Times - Puluhan santri dan mahasiswa yang tergabung dalam Gerakan Rakyat Banten Peduli Demokrasi membacakan pernyataan sikap mendukung penggunaan hak angket DPR RI untuk mengusut dugaan kecurangan Pemilu 2024.

Usai menyampaikan pernyataan sikap, mereka menandatangani dan membubuhkan cap jempol di sebuah spanduk petisi tuntutan mereka.

Pernyataan sikap itu dilakukan di Pondok Pesantren Salafiyah Al- Idrisiyah, Kelurahan Terumbu, Kecamatan Kasemen, Kota Serang, Jumat (1/3/2024).

Baca Juga: Dukung Hak Angket, Demonstran Teriak Turunkan Jokowi!

1. Mereka menilai, ada indikasi campur tangan pemerintah menangkan paslon tertentu

Santri dan Mahasiswa di Serang Dukung Hak Angket Kecurangan Pemilu IDN Times/Khaerul Anwar

Kordinator Gerakan Rakyat Banten Peduli Demokrasi Nasrullah mengatakan, ada sejumlah poin kecurangan yang disoroti mereka. Salah satunya adanya indikasi campur tangan pemerintah yang menguntungkan salah satu pasangan calon tertentu di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 ini.

"Nah itu itu kan tidak boleh. Jadi kami hanya ingin demokrasi itu benar-benar dijalankan dengan sebaik-baiknya, sesuai amanat undang-undang," kata Nasrullah.

2. Pemilu tahun ini dinilai berjalan tak adil

Santri dan Mahasiswa di Serang Dukung Hak Angket Kecurangan Pemilu IDN Times/Khaerul Anwar

Peristiwa tersebut, kata Nasrullah, merupakan salah satu indikator bahwa pesta demokrasi di tahun ini tidak berjalan secara adil sehingga mereka mendesak DPR segera menggulirkan hak angket untuk mengusut tuntas dugaan kecurangan tersebut.

Dia mengatakan, petisi ini juga akan ia bawa ke forum nasional berbagung dengan organisasi daerah di Indonesia pada tanggal 5 Maret 2024 di Gedung DPR RI.

"Kami juga dari kawan-kawan sudah dapat informasi itu video kecurangan-kecurangan terhadap pilpres," katanya.

3. Massa mendesak pemerintah menurunkan harga sembako

Santri dan Mahasiswa di Serang Dukung Hak Angket Kecurangan Pemilu IDN Times/Khaerul Anwar

Dalam kesempatan tersebut, mereka juga mendesak agar pemerintah segera menurunkan harga bahan pokok di Kota Serang. Bahan,pokok yang melambung tinggi sejak tahapan pelaksanaan pemilu membuat masyarakat menjerit.

"Kami tahu semua beras adalah kebutuhan yang sangat pokok untuk masyarakat dan setelah Pilpres itu luar biasa kenaikannya. Nah itu kan sangat-sangat membuat masyarakat gerah," katanya.

Baca Juga: Aksi Jogja Menggugat Dukung Hak Angket DPR

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya