Bandara Soekarno-Hatta Buka Sentra Vaksinasi Bagi Calon Penumpang

Gratis! Tapi, ada syaratnya ya~

Tangerang, IDN Times - Bandara Soekarno-Hatta menyediakan sentra vaksinasi COVID-19 di Terminal 2 dan Terminal 3. Vaksinasi tersebut gratis bagi calon penumpang yang sudah memegang tiket. 

President Director PT Angkasa Pura II (Persero) Muhammad Awaluddin mengatakan, Sentra Vaksinasi Bandara Soekarno-Hatta dibuka dengan kolaborasi dan dukungan penuh dari Kantor Kesehatan Pelabuhan Kementerian Kesehatan (KKP Kemenkes) Kelas I Soekarno-Hatta. 

Sentra itu juga bertujuan untuk mendukung percepatan program vaksinasi COVID-19 yang dicanangkan pemerintah. "Sebagai upaya bersama dalam mewujudkan kekebalan komunal atau herd immunity di Indonesia guna menghadapi COVID-19,” ujar Awaluddin, Sabtu (3/7/2021). 

Pantauan IDN Times, animo masyarakat untuk memanfaatkan sentra vaksinasi itu cukup baik. Sejak dibuka Sabtu pagi hingga pukul 10.35 WIB, jumlah calon penumpang pesawat yang akan divaksinasi sudah mencapai 143 orang. 

Baca Juga: 1.700 Pegawai Bandara Soekarno-Hatta Telah Divaksinasi

1. Sentra vaksinasi untuk memudahkan calon penumpang memenuhi syarat terbang pada PPKM Darurat Jawa-Bali

Bandara Soekarno-Hatta Buka Sentra Vaksinasi Bagi Calon PenumpangIDN Times/Dok. PT Angkasa Pura II

Awaluddin mengungkapkan, Sentra vaksinasi ini dibuat untuk memudahkan calon penumpang dalam memenuhi protokol kesehatan baru di masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat Jawa-Bali  3-20 Juli 2021. 

"Dimana, syarat perjalanan dalam negeri dengan pesawat menuju dan dari Jawa serta Bali adalah harus menunjukkan kartu vaksinasi dan hasil tes PCR (maksimal 2x24 jam sebelum keberangkatan)," jelasnya. 

2. Kapasitas vaksinasi mencapai 400 orang per jam

Bandara Soekarno-Hatta Buka Sentra Vaksinasi Bagi Calon PenumpangIDN Times/Dok. PT Angkasa Pura II

Awaluddin menuturkan, sentra vaksinasi di Bandara Soekarno-Hatta tersebut memiliki luas 300 meter persegi (m2) di area Terminal 2 Bandara Soekarno-Hatta dan 485 m2 di area Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta. 

"Untuk Terminal 2 operasional mulai pukul 08.00 sampai 17.00 WIB dengan kapasitas vaksinasi 200 orang per jam, sedangkan di Terminal 3 operasionalnya mulai pukul 08.00 hingga 16.00 WIB dengan kapasitas vaksinasi sebanyak 197 orang per jam," jelas Awaluddin. 

3. Ini prosedur calon penumpang yang ingin ikut vaksinasi di Bandara Soekarno-Hatta

Bandara Soekarno-Hatta Buka Sentra Vaksinasi Bagi Calon PenumpangIDN Times/Dok. PT Angkasa Pura II

Ada prosedur umum yang harus disiapkan calon penumpang jika ingin mendapatkan layanan di sentra vaksinasi bandara tersebut. Kata Awaluddin, calon penumpang pesawat harus sudah memiliki tiket penerbangan. Selain itu, calon penumpang juga diimbau tiba di lokasi vaksinasi minimal 3 jam sebelum jadwal keberangkatan pesawat. 

"Jika sudah memegang tiket, calon penumpang bisa mengambil tiket atau nomor antrean di vending machine dan mengisi formulir vaksinasi," tuturnya. 

Usai mengisi formulir, dokter di lokasi akan melakukan observasi kepada calon penumpang tersebut, jika lolos maka akan dilakukan vaksinasi. 

"Setelah vaksinasi, calon penumpang pesawat menunggu 15 menit di lokasi untuk dilakukan observasi," ungkapnya. 

Baca Juga: PPKM Darurat, Pemkot Tangerang Pasang 2 Titik Penyekatan

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya