Comscore Tracker

Hujan Deras, Sejumlah Titik di Tangerang Raya Terendam Banjir

Warga sekitar aliran sungai diminta waspada

Tangerang, IDN Times - Hujan deras yang mengguyur wilayah Tangerang Raya, yakni Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang, dan Kota Tangerang Selatan membuat sejumlah titik terendam banjir pada Selasa (4/10/2022). Air tampak menggenang di sejumlah titik di Kota Tangerang Selatan, terdapat enam titik yang terendam banjir setinggi 20-40 centimeter (cm). 

"Sementara dilaporkan ada enam titik banjir di Serua, Cipayung Mas, RW 11 Kedaung, RW 12 Kampung Tembok Bolong, Eyang Agung Serua, Perum Puri Bintaro, dan Pondok Maharta dengan ketinggian air antara 20 sampai 40 cm," kata Dian Wirawan, tim reaksi cepat BPBD Tangsel.

Baca Juga: Penyebab Banjir di Pemukiman Warga Tangsel

1. BPBD Tangsel minta masyarakat sekitar Kali Angke waspada

Hujan Deras, Sejumlah Titik di Tangerang Raya Terendam BanjirDok. BPBD Tangsel

Selain titik tersebut kata Dian, pihaknya telah menyiagakan tim reaksi cepat dan relawan BPBD lain, untuk mengantisipasi naiknya air Kali Angke, yang dapat merendam kawasan Kampung Bulak, di wilayah Kecamatan Pondok Aren. 

"Pondok Maharta dan Bintaro kita siaga 30 menit lagi, air kali sudah tinggi. Untuk Angin kencang baru ada laporan di Jalan Ki Hajar Dewantara, Ciputat. Untuk pohon tumbang belum ada," jelas dia. 

Sementara, pengguna jalan yang akan melintasi jembatan dekat perumahan Green Hills, Ciputat, saat ini terjebak banjir. Akibat meluapnya anak Kali Serua.

2. Ada empat titik banjir di Kota Tangerang

Hujan Deras, Sejumlah Titik di Tangerang Raya Terendam BanjirIDN Times/Dok. Instagram Abouttng

Untuk wilayah Kota Tangerang, dari laporan yang diterima dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPDB) Kota Tangerang, setidaknya ada empat titik yang banjir cukup parah, terutama di jalan utama dan jalanan warga banyak yang terputus karena tergenang air. 

Kepala Bagian Protokol & Komunikasi Pimpinan Kota Tangerang, Mualim menjelaskan, laporan sejak 17.30 WIB masih ada banjir yang memutus akses jalan. "Perum BMR, Cikokol, Kota Tangerang kurang lebih 30 cm," jelas Mualim.

Sementara titik lainnya yang masih banjir juga adalah Jalan Raya Gempol, Kecamatan Pinang, setinggi 40 cm. Jalan Sriwijaya 3 nomor 1, Kecamatan Jatiuwung setinggi 30 cm. Lalu di bawah Flyover TipTop, Kecamatan Shinta sekira 30 cm.

"Masih terdapat genangan di jalan utama dan jalan warga. Kita sudah terjunkan pasukan termasuk dari BPBD untuk menangani genangan," kata Mualim.

Baca Juga: Dinas PUPR Tangerang Normalisasi dan Bangun Turap di Sungai di Benda

3. Wilayah Kelapa Dua, Kabupaten Tangerang juga terendam banjir

Hujan Deras, Sejumlah Titik di Tangerang Raya Terendam BanjirIDN Times/Dok. BPBD Kabupaten Tangerang

Sementara itu, untuk wilayah Kabupaten Tangerang, banjir juga menggenang di RW 20, Kelurahan Bencongan, Kelapa Dua. Wilayah tersebut memang kerap terendam banjir lantaran berada tepat di tepi Kali Sabi.

Bahkan, akses jalan di sekitar Kelurahan Bencongan juga sudah tidak dapat dilalui lantaran memiliki ketinggian air hingga 50 cm.

"Untuk lokasi banjir di wilayahnya kecamatan kelapa dua, masih dalam tahap pantauan anggota," ungkap Abdul Munir, Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Tangerang.

Baca Juga: Benyamin Akui Drainase Buruk Jadi Sebab Banjir di Tangsel

Topic:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya