Comscore Tracker

Masih Zona Oranye, Bakal Ada Haul Akbar  di Kabupaten Tangerang

Pemkab Tangerang lakukan sejumlah pembatasan

Kabupaten Tangerang, IDN Times - Meski di tengah pandemik COVID-19, Pondok Pesantren Al-Istiqlaliyyah yang terletak di Kampung Cilpngok, Sukamantri, Kecamatan Pasar Kemis, Kabupaten Tangerang akan menggelar Peringatan Haul Akbar Syeh Abdul Qadir Jailani, yakni pada Minggu (29/11/2020). 

Acara tahunan itu biasanya dihadiri oleh puluhan ribu jemaah dari berbagai daerah. Pihak Pemerintah Kabupaten Tangerang--melalui Satuan Polisi Pamong Praja atau Satpol PP-- mengungkap, bakal melakukan beberapa pembatasan untuk menghindari adanya klaster baru COVID-19 di Kabupaten Tangerang. 

"Ada beberapa pembatasan yang harus ditaati oleh pihak pondok pesantren, untuk menghindari adanya klaster baru," ujar Kasatpol PP Kabupaten Tangerang yang juga anggota Satgas COVID-19, Bambang Mardi, Kamis (29/11/2020). 

Baca Juga: Usai Libur Panjang, Kabupaten Tangerang Kembali Zona Oranye

1. Nantinya, peserta haul dibatasi hanya 1.500 orang

Masih Zona Oranye, Bakal Ada Haul Akbar  di Kabupaten TangerangIDN Times/Maya Aulia Aprilianti

Bambang menuturkan, pihaknya hanya akan memperbolehkan haul tersebut dihadiri oleh 1.500 tamu undangan. Di mana, para tamu tersebut wajib menjalani protokol kesehatan, sedangkan sisanya diminta ikut serta dalam acara melalui virtual yang ditayangkan di beberapa media sosial.

"Kita tetapkan 1.500, semua harus pakai id card khusus. Kita juga ada penyekatan, dimana kita tidak akan mengizinkan seseorang untuk masuk ke kawasan setempat kalau tidak ada undangan atau id card," kata Bambang. 

2. Seluruh tamu undangan akan dilakukan tes COVID-19 sebelum acara

Masih Zona Oranye, Bakal Ada Haul Akbar  di Kabupaten TangerangIlustrasi Rapid Test Tim IDN Times (IDN Times/Herka Yanis)

Bambang menuturkan, pihaknya akan melakukan tes COVID-19 untuk para tamu undangan tersebut. Tes tersebut untuk memastikan peserta yang hadir tidak membawa virus COVID-19. 

"Rapid test pada para tamu undangan yang merupakan santri dan pengurus yang akan hadir akan dilakukan mulai besok hingga H-1 pelaksanaan acara," tutur Bambang. 

3. Pemkab turunkan ratusan personel untuk awasi penerapan 3M

Masih Zona Oranye, Bakal Ada Haul Akbar  di Kabupaten TangerangInfografis Gerakan 3M (IDN Times/Ryann Rezza Ardiansyah)

Bambang juga menerangkan, dalam hal ini, pihaknya juga menerjunkan 100 personel dari pihak Satpol PP Kabupaten Tangerang yang ditempatkan di lokasi penyekatan dan acara.

"Personel dari Pemkab ada 100 orang, lalu ditambah TNI-Polri, jadi nanti gabungan,"ungkapnya.

Ia pun meminta tamu undangan untuk senantiasa menggunakan masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan dengan sabun atau handsanitizer setiap saat.  "Harus tetap menerapkan protokol kesehatan 3M agar tak muncul klaster baru," kata dia.

Baca Juga: Pandemik, Ada 142 Kasus Kekerasan Anak dan Perempuan di Tangerang

Topic:

  • Maya Aulia Aprilianti
  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya