Pengelola Bandara Soetta Akan Batasi Jumlah Penumpang Saat Nataru

Tiadakan juga extra flight untuk maskapai

Tangerang, IDN Times - Pengelola Bandara Soekarno-Hatta Akan membatasi jumlah penumpang saat musim libur Natal dan Tahun Baru 2022. Hal tersebut untuk mendukung adanya penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 3 dari Pemerintah Pusat saat Nataru. 

President Director of PT Angkasa Pura II (Persero) Muhammad Awaluddin mengungkapkan, pihaknya akan berkoordinasi dengan pihak maskapai terkait pembatasan penumpang ini. 

"Karena soal penjualan tiket ada di maskapai sehingga harus berkoordinasi," ujar Awaluddin, Sabtu (27/11/2021). 

Baca Juga: Petugas Temukan Dompet Berisi Cek Rp 35,9 Miliar di Bandara Soetta

1. Penjualan tiket akan dibatasi di periode tertentu

Pengelola Bandara Soetta Akan Batasi Jumlah Penumpang Saat NataruGoogle

Awaluddin menjelaskan, aturan ini akan membuat distribusi tiket merata setiap hari, sehingga tidak menumpuk di satu waktu. Maskapai akan diminta agar penambahan penjualan tiket tidak dilakukan di periode tertentu.

"Ya maksudnya itu, pembatasan jumlah tiket per hari. Jadi maskapai menjual tiketnya juga tidak menumpuk di satu titik," jelasnya. 

Awaluddin menjelaskan, aturan ini akan membuat distribusi penjualan tiket lebih landai. Pihaknya pun akan berkoordinasi dengan maskapai untuk menerapkan aturan ini. 

"Jadi kalau biasa kan dijual di peak season, dan kami sudah bicara dengan regulator. Jadi sequence itu kita atur contoh nya distribusi penjualannya pun lebih landai," tuturnya. 

2. Tidak akan ada penerbangan tambahan saat libur Nataru

Pengelola Bandara Soetta Akan Batasi Jumlah Penumpang Saat NataruPengunjung mengamati pesawat Garuda Indonesia bercorak khusus dengan visual masker pada bagian moncong pesawat di Hanggar GMF AeroAsia Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Selasa (8/12/2020) (ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal)

Selain rencana pembatasan tiket, pihaknya pun tidak akan membuka penerbangan tambahan atau extra flight. Sistem ini dianggap lebih bisa membatasi pergerakan masyarakat saat libur akhir tahun mendatang.

"Di samping itu memang tidak akan ada penambahan ekstra flight dan sebagainya. Itu mekanisme yang menurut kami lebih relatif sinkron dengan kebutuhan masyarakat," jelasnya.

3. Telah membuka Sub Terminal 2D

Pengelola Bandara Soetta Akan Batasi Jumlah Penumpang Saat NataruIDN Times/Maya Aulia Aprilianti

Sebelumnya diberitakan, pengelola Bandara Soekarno-Hatta kembali mengoperasikan Sub Terminal 2D untuk melayani penumpang pesawat. Hal tersebut lantaran pergerakan penumpang terus meningkat. 

"Betul, kita operasikan kembali Sub Terminal 2D yang sebelumnya ditutup saat pandemik COVID-19," ujar Senior Manager Of Branch Communication & Legal Bandara Soekarno-Hatta, M Holik Muardi, Sabtu (20/11/2021).

Baca Juga: Penumpang Meningkat, Sub Terminal 2D Kembali Dioperasikan

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya