Resmi, 620 Sekolah Umum di Kota Tangerang Wajib Belajar Tahfiz Qur'an

Targetkan 100 persen pelajar muslim baca tulis Al Qur'an

Tangerang, IDN Times - Sebanyak 620 sekolah pada tingkat SD hingga SMP di Kota Tangerang bakal diwajibkan memiliki program tahfiz Al-Qur'an yang ada di dalam program Tangerang Mengaji. Program tersebut dalam rangka mewujudkan Kota Tangerang yang berakhlakul karimah dan berdaya saing.

Pj Wali Kota, Nurdin mengatakan bahwa program Tangerang Mengaji akan dilaksanakan mulai hari Senin pekan depan pada jam ke-0 di seluruh SD dan SMP di Kota Tangerang.

"Kegiatan ini tentunya harus kita dukung bersama karena sejalan dengan visi dan misi Kota Tangerang dalam mewujudkan masyarakat dan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berakhlakul karimah dan berdaya saing," tutur Nurdin, dalam arahannya saat membuka acara yang dilangsungkan di Aula Al Amanah Gedung Puspem Kota Tangerang, Kamis, (11/01/2024).

Baca Juga: Pemkot Tangerang Akan Wajibkan Tahfiz Qur'an di Sekolah Tingkat SD-SMP

1. Pembelajaran akan berupa baca tulis hingga menghafal Al-Qur'an

Resmi, 620 Sekolah Umum di Kota Tangerang Wajib Belajar Tahfiz Qur'anDok. Pemkot Tangerang

Nurdin mengungkapkan, program Pelajar Tangerang Mengaji tersebut akan meliputi Baca Tulis Qur'an, Tahfidz, Aqidah Akhlak & Fiqih. Materi tersebut, kata Nurdin, sangat penting untuk digalakkan sebagai salah satu wujud dan upaya aktualisasi diri sekaligus pengembangan kompetensi para siswa.

"Tantangan dan tuntutan kemajuan zaman dan teknologi tentunya harus diimbangi dengan upgrade diri agar dapat beradaptasi dengan perkembangan yang ada namun tetap berpedoman pada akhlakul karimah," tutur Nurdin.

2. Sekolah umum yang terlibat dari negeri hingga swasta

Resmi, 620 Sekolah Umum di Kota Tangerang Wajib Belajar Tahfiz Qur'anDok. Pemkot Tangerang

Kepala Dinas Pendidikan Kota Tangerang, Jamaluddin mengungkapkan program ini diterapkan secara merata di 620 sekolah di Kota Tangerang, baik negeri maupun swasta. Terinci, 419 tingkat SD yaitu 271 negeri dan 148 swasta serta 201 tingkat SMP, yaitu 34 negeri dan 167 swasta di 13 kecamatan. 

“Tahap awal, Disdik Kota Tangerang akan melakukan asesmen diseluruh sekolah. Secara pelaksanaanya serentak diawal jam sekolah, tentu ini akan beriringan dengan evaluasi dan penguatan secara terus menerus," kata Jamal. 

3. Targetnya, 100 persen siswa muslim bisa baca tulis Al- Qur'an di Kota Tangerang

Resmi, 620 Sekolah Umum di Kota Tangerang Wajib Belajar Tahfiz Qur'anPembelajaran tatap muka (ANTARA FOTO)

Ia pun menyatakan, dalam program ini pelajar akan ditanamkan pembelajaran baca tulis quran, tahfidz, aqidah, akhlak dan fiqih. Harapannya, dari Kota Tangerang dapat meningkatkan angka kemampuan tahfiz di Provinsi Banten. Pihaknya akan bekerja sama dengan pihak terkait untuk menyukeskan program.

"Kota Tangerang harus mampu mencapai 100 persen baca tulis Qur'an, secara penguatan, Disdik Kota Tangerang juga akan merekrut 500 guru pesantren, untuk pembinaan pelajar Tangerang Mengaji yang lebih maksimal lagi," kata Jamal. 

Di samping itu, kata Jamal pendidikan di Kota Tangerang sudah bagus. Dengan program sekolah branding lewat berbagai potensi yang dimiliki masing-masing sekolah. 

“Dengan Pelajar Tangerang Mengaji, Pemkot Tangerang berupaya menguatkan nilai-nilai dasar yang harus dimiliki anak-anak Kota Tangerang yang berakhlakul karimah. Sehingga, seluruh pelajar akhlaknya bagus dan daya saingnya juga bagus,” imbuhnya.

Baca Juga: BLK Kota Tangerang Buka Pendaftaran Pelatihan Operator Komputer

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya