Takut Disuntik, Seorang Anak Kabur Saat Hendak Vaksinasi COVID-19

Bupati Tangerang ikut menenangkan sang anak

Kabupaten Tangerang, IDN Times - Pemerintah Kabupaten Tangerang secara perdana melakukan vaksinasi kepada anak usia 6 - 11 tahun, Selasa (14/12/2021). Sebanyak 7.000 anak pun dijadwalkan mendapatkan vaksinasi hari ini. 

Bupati Tangerang, Ahmed Zaki Iskandar mengatakan, pemberian vaksin itu berdasarkan keputusan Kementerian Kesehatan.

"Berdasarkan keputusan Kementerian Kesehatan, maka anak dengan usia 6 sampai 11 tahun sudah bisa di vaksin dan dimulai pada hari ini," katanya. 

1. Seorang anak kabur saat hendak divaksinasi di SD Medang

Takut Disuntik, Seorang Anak Kabur Saat Hendak Vaksinasi COVID-19IDN Times/Maya Aulia Aprilianti

Dalam vaksinasi tersebut, seorang anak yang merupakan murid SD Medang, Kecamatan Pagedangan, Kabupaten Tangerang mengamuk saat hendak divaksinasi. Sang anak merasa ketakutan saat hendak disuntik vaksin oleh petugas kesehatan. 

Melihat amukan dan tangisan anak tersebut, sejumlah guru hingga orangtua yang ikut mendampingi, langsung berusaha menenangkan bocah yang ketakutan itu.

Bahkan, Bupati yang hadir memantau proses vaksinasi anak, juga membantu menenangkan anak tersebut. "Tadi sempat ada yang takut. Namun kita tenangkan, dan berhasil divaksin," katanya.

2. Vaksinasi dimulai dari lima sekolah

Takut Disuntik, Seorang Anak Kabur Saat Hendak Vaksinasi COVID-19IDN Times/Maya Aulia Aprilianti

Vaksinasi pertama ini, dimulai di lima sekolah yang ada di Kabupaten Tangerang. Kelima sekolah itu adalah SD Medang, Islamic Karawaci, SD Syafana Islamic, Citra Islamic dan SDN Gudang Tigaraksa.

"Para anak didampingi orangtua atau walinya, cukup membawa kartu keluarga saja. Kan ada NIK-nya di situ, untuk didaftarkan ke PeduliLindungi," ujarnya.

Dimana, tidak ada persyaratan khusus bagi peserta vaksin ini. Hanya saja, para peserta cukup membawa fotokopi kartu keluarga dan nomor telepon orangtua untuk didaftarkan di aplikasi PeduliLindungi. 

3. Minta orangtua tak takut anaknya divaksinasi

Takut Disuntik, Seorang Anak Kabur Saat Hendak Vaksinasi COVID-19IDN Times/Maya Aulia Aprilianti

Zaki juga mengimbau, agar para orangtua atau wali tidak perlu takut atau khawatir akan pemberian vaksin tersebut.

"Bila ada gejala seperti demam tentunya itu adalah efek umum bila menjalani vaksinasi, dan bisa segera diberikan parasetamol atau menghubungi nomor nakes yang nantinya tertera di surat vaksin untuk tindak lanjut," ungkapnya.

Baca Juga: Vaksinasi di Kabupaten Tangerang Capai Target 70 Persen

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya